ADVERTISEMENT

Dishub DKI: Pelican Cross Tak Akan Bikin Macet Sudirman-Thamrin

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 25 Jul 2018 06:48 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI, Jalan Sudirman-Thamrin, akan dirobohkan. Gantinya, pejalan kaki harus melintasi pelican cross di jalan raya untuk menyeberang.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menilai pemasangan pelican cross tidak akan mengakibatkan kemacetan. Dishub telah menghitung volume pejalanan di sekitar lokasi.

"Saya rasa tidak perlu khawatir berlebihan. Volume pejalan kaki di sana suda kami hitung, sehingga pelican cross yang ada tidak akan menimbulkan kemacetan yang berlebih. Apalagi, di ruas jalan tersebut ada pembatasan lalu lintas dengan ganjil genap," ucap Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, saat dihubungi detikcom, Selasa (24/7/2018).


Saksikan juga video 'Anggaran Pelican Cross Bundaran HI Rp 100 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



Selain itu, Sigit mengatakan, pelican cross bisa mendidik masyarakat berkendara di Jakarta. Para pengendara harus menghormati dan mengutamakan pejalan kaki.

"Lokasi tersebut bisa jadi sarana edukasi dan sosialosasi bagaimana masyarakat saling menghormati haknya. Hirarki tertinggi pengguna jalan adalah pejalan kaki. Masyarakat bisa semakin tahu dan menghormati," kata Sigit.

Pengerjaan placing cross akan dimulai pada 29 sampai 30 Juli 2018. Pembuatan pelican cross yang membutuhkan lampu lalu lintas tidak sulit dikerjakan.

"Pembangunan pelican crossing itu sendiri menggunakan lampu APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) eksisting di lokasi yang sejak dulu ada disana, namun tidak dioperasikan setelah JPO dibangun," ucap Sigit.

Pelican cross di Bundaran HI hanya bersifat sementara. Setelah Stasiun MRT selesai, pejalan kaki akan menggunakan ruang bawah tanah untuk menyeberang.

"Aksesnya sudah terhubung. Nanti PT MRT yang bisa jelaskan kapan bisa digunakan. Karena, saat ini masih ada pekerjaan di sana," kata Sigit.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan solusi pelican cross untuk pejalan kaki ketika JPO telah dibongkar. Dia mencontohkan pelican cross yang sudah diterakpan di beberapa ruas jalan.

"Untuk sementara akan disiapkan pelican crossing. Itu seperti yang ada di (jalan) Merdeka Selatan. Dari sisi selatan Jl Merdeka Selatan ke sisi utara itu ada pelican crossing. Itu nanti akan kita lakukan di sana (Bundaran HI) sampai dengan jalur penyeberangan bawah tanah itu siap," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/7). (aik/jor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT