detikNews
Rabu 25 Juli 2018, 01:14 WIB

32 Saung 'Elite' Lapas Sukamiskin Selesai Dibongkar Tengah Malam

Dony Indra Ramadhan - detikNews
32 Saung Elite Lapas Sukamiskin Selesai Dibongkar Tengah Malam Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom
Bandung - Saung 'elite' di dalam Lapas Sukamiskin telah dibongkar. Total ada 32 saung yang dibongkar Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Kantor Wilayah Jawa Barat.

"Totalnya hitungan saya ada 32 (saung) yang kita bersihkan," ucap Plt Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Dodot Adi Koeswanto seusai pembongkaran, Rabu (25/7/2018) dini hari.


Pembongkaran dilakukan di lapas yang beralamat di Jalan AH Nasution itu sejak pukul 17.00 WIB, Selasa (24/7). Belasan petugas Kemenkum HAM Jabar datang untuk melakukan penertiban. Pembongkaran saung 'elite' tersebut selesai pada Rabu (25/7) sekitar pukul 00.30 WIB.

"Kami menjalankan perintah dari pimpinan melakukan penataan dan penertiban kembali terhadap kondisi di Lapas Sukamiskin. Pembongkaran saung-saung yang memang tidak sesuai peruntukannya," kata Dodot.


Dodot mengatakan saung yang selama ini digunakan untuk tempat kunjungan rencananya akan diganti dengan tempat yang baru. Dia memastikan lokasi tempat baru tersebut masih berada di bekas lokasi saung.

"Sesuai yang disampaikan Bu Dirjen (PAS) kemarin, akan dibuatkan tempat yang representatif untuk kunjungan dan itu digunakan untuk semua, bukan untuk pribadi," tuturnya.


Keberadaan saung 'elite' sempat membetot perhatian masyarakat. Saung yang konon dibangun dari hasil swadaya para penghuni lapas ini disebut memiliki fungsi sebagai tempat besuk.

Keberadaan saung ini menarik perhatian publik lantaran disebut-sebut tampil mewah. Saung itu kerap dipergunakan para narapidana untuk berjumpa dengan keluarga dan kolega sambil menikmati sajian makan-minum dan menggelar aneka acara.

Saung beragam ukuran ini terbuat dari bambu. Sisi kanan-kirinya saung terpasang setengah dinding berbahan anyaman rotan dan beratap ijuk.
(jor/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com