detikNews
Selasa 24 Juli 2018, 13:53 WIB

Ada Sepeda Statis di Sel LHI, Tifatul: Pengawasan Menkum HAM Lemah

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Ada Sepeda Statis di Sel LHI, Tifatul: Pengawasan Menkum HAM Lemah Luthfi Hasan di selnya. Foto: Dok. Mata Najwa
Jakarta - Eks Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq diketahui menempati sel yang terbilang cukup mewah di Lapas Sukamiskin: ada sepeda statis hingga toilet duduk di dalamnya. Anggota Majelis Syuro PKS Tifatul Sembiring menyebut, sel mewah merupakan tanggung jawab Menkum HAM Yasonna Laoly.

"Maksud saya poinnya itu adalah pengawasan Menkum HAM terhadap lapas itu lemah. Soal ada mewah itu Menkum HAM tanggung jawab, bukan tanggung jawab tahanannya," kata Tifatul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).



Tifatul menganggap ada semacam pengalihan isu dari OTT Kalapas Sukamiskin ke sidak Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami yang kemudian mengungkap sel-sel napi, salah satunya yang ditempati Luthfi. Karena itu, sebagai anggota Komisi III DPR, Tifatul akan menanyakannya ke Menkum HAM saat rapat.

"Ada pengalihan isu. Apa maksudnya? Kenapa yang dibawa wartawan televisi itu ke situ? Pakai Mata Najwa lagi. Kenapa bukan yang dipersoalkan lemahnya pengawasan Kalapas, gitu loh," sebut Tifatul.



"Itu semua itu kan kewenangan Kalapas, gitu kan. Kalapas itu di bawah Menkum HAM. Jangan dibolak-balik ceritanya," ucapnya.

Tifatul menegaskan bukan Luthfi yang meminta pengadaan sepeda statis hingga kulkas bekas di sel. Tifatul menyebut, sel yang ditempati Luthfi merupakan bekas penjara bupati.
(gbr/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com