detikNews
Selasa 24 Juli 2018, 13:02 WIB

Sel Luthfi Ishaaq Disidak, Tifatul Protes Menkum HAM

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sel Luthfi Ishaaq Disidak, Tifatul Protes Menkum HAM Luthfi Hasan (Foto: Dok. Mata Najwa)
Jakarta - Politikus PKS Tifatul Sembiring keberatan atas sidak Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami ke Lapas Sukamiskin yang kemudian mengungkap adanya sel mewah yang ditempati eks Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

"Baik, ini juga menarik ini ya. Persoalan pertama KPK meng-OTT Kalapas di Sukamiskin ya. Ini, ini poinnya ini dulu, yang berkaitan, maaf ya, berkaitan dengan Pak Fuad Amin, ya, ya, itulah, pokoknya itu," buka Tifatul di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

"Jadi, Menkum HAM harus memperhatikan ini. Ini siapa yang mengutus Dirjen ini kemudian menginspeksi mendadak terus ke sel Pak Luthfi. Iya kan? Kok jadi dibalik begitu opininya? Ini Menkum HAM tanggung jawab," imbuh Tifatul.


Tifatul Sembiring.Tifatul Sembiring (Jhoni Hutapea/detikcom)

Tifatul adalah anggota DPR Komisi III. Dia mengaku paham soal permasalahan ini. Menurutnya, OTT Kalapas Sukamiskin Wahid Husen sekarang dipelintir ke isu sel mewah Luthfi Hasan Ishaaq.

"Saya lama di Komisi III dua tahun, jangan dipindahkan ke isu sel mewah," ucap dia.

Setelah KPK melakukan OTT, Minggu lalu, Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami melakukan inspeksi mendadak. Hasilnya, masih ditemukan sejumlah tahanan yang menempati sel mewah.


Salah satunya sel tahanan Luthfi Hasan Ishaaq, terpidana 18 tahun penjara dalam kasus korupsi impor daging sapi. Di kamarnya terdapat sejumlah alat olahraga, seperti sepeda statis. Ada juga microwave, sejumlah perlengkapan memasak, dan steamer baju.

Kamar mandinya tak kalah mewah, dengan jet shower dan kloset duduk. Saat tim dari Dirjen Pas mengunjungi selnya, Luthfi Hasan tampak mengenakan kaus abu-abu dan celana putih.


Tonton juga video: 'Bamsoet Desak Kemenkumham Usut Suap Fasilitas Lapas'


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com