detikNews
Senin 23 Juli 2018, 22:46 WIB

Gerindra Dorong RUU Kekerasan Seksual Segera Disahkan

Tsarina Maharani - detikNews
Gerindra Dorong RUU Kekerasan Seksual Segera Disahkan Fraksi Gerindra melakukan audiensi dengan Forum Pengadaan Layanan. (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Fraksi Gerindra mendorong Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual segera disahkan. Anggota Komisi VIII F-Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Sara) menilai agenda politik tahun 2018-2019 bukan alasan menunda pembahasan RUU Kekerasan Seksual.

"RUU ini harus segera ditetapkan, kondisinya sudah darurat, dan penanganan tindak pidana kekerasan seksual saat ini sangat membutuhkan aturan ini dari segi perlindungan korban," ujar Sara dalam audiensi dengan Forum Pengadaan Layanan di ruang Fraksi Gerindra, gedung DPR, Senin, (23/7/2018).


Sara mengakui ada pro-kontra dalam panja saat pembahasan RUU Kekerasan Seksual. Mulai persoalan definisi kekerasan seksual sampai padatnya jadwal kerja anggota Komisi VIII.

Selain itu, agenda politik seperti Pilkada Serentak 2018 dan persiapan Pemilu 2019 juga diakui Sara menjadi salah satu penghambat. Namun Sara memastikan Fraksi Gerindra konsisten mengawal dan memperjuangkan finalisasi pembahasan RUU Kekerasan Seksual.


"Kita perjuangkan semua klausul, prioritas utama adalah perlindungan korban dari segala segi hukum acara, bahkan dari saat pelaporan. Dan tentunya perjuangan untuk pemulihan korban dan keluarga korban," kata Sara.
(tsa/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed