DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 19:23 WIB

Anies Bakal Buat Pelican Cross Sebagai Pengganti JPO Bundaran HI

Mochamad Zhacky - detikNews
Anies Bakal Buat Pelican Cross Sebagai Pengganti JPO Bundaran HI Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di JPO Bundaran HI. (Fida/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta bakal membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di Bundaran HI. Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan supaya pejalan kaki tetap bisa menyeberang, untuk sementara akan dibuatkan pelican cross.

"Untuk sementara akan disiapkan pelican crossing. Itu seperti yang ada di (jalan) Merdeka Selatan. Dari sisi selatan Jl Merdeka Selatan ke sisi utara itu ada pelican crossing. Itu nanti akan kita lakukan di sana (Bundaran HI) sampai dengan jalur penyeberangan bawah tanah itu siap," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).


Menurut Anies, ada dua alasan mengapa JPO tersebut dibongkar. Pertama karena JPO itu menghalangi Patung Selamat Datang jika dilihat dari arah Monas.

"Kedua, tidak ramah dengan penyandang disabilitas, bagi yang menyandang kursi roda atau berkebutuhan khusus, ibu yang mengandung dan orang tua. Karena itu pelican crossing akan jauh lebih ramah dengan penyandang disabilitas. Itu dua alasan utama kita akan copot," terang Anies.


Anies menuturkan pembongkaran JPO di Bundaran HI akan dilakukan minggu ini. Harapannya, pelican cross tersebut sudah tersedia pekan depan.

"(Pembongkaran JPO) ini akan dikerjakan minggu ini. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa selesai. Kalau pembicaraan saya dengan pimpinan MRT kemarin, mereka membutuhkan waktu seminggu untuk melepas JPO itu. Setelah seminggu, insyaallah dari Thamrin ke Sudirman bebas hambatan pandangan," papar Anies.

Anies mengatakan pembongkaran JPO di Bundaran HI merupakan upaya mempercantik Jakarta menjelang Asian Games. Selain itu pembongkaran JPO tersebut juga sebagai langkah mengembalikan tujuan pembuatan Patung Selamat Datang.

"Bahwa Patung Selamat Datang yang ada di Bundaran HI dibangun untuk menyambut peserta Asian Games tahun 1962. Sekarang kita kembalikan patung itu kembali sebagai simbol sambutan," jelasnya.



Tonton juga 'Pro Kontra Perobohan JPO Bundaran HI':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed