DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 16:58 WIB

Polda Metro Siap Jelaskan soal Tembak Mati 11 Penjahat ke Ombudsman

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Polda Metro Siap Jelaskan soal Tembak Mati 11 Penjahat ke Ombudsman Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Ombudsman akan memanggil Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis untuk meminta penjelasan terkait 11 penjahat yang ditembak mati saat operasi kewilayahan. Polda Metro pun merespons rencana Ombudsman itu.

"Memang Ombudsman mempunyai kewenangan meminta klarifikasi berkaitan dengan laporan masyarakat tentang maladministrasi. Kita tunggu saja hasil koordinasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Senin (23/7/2018).


Argo menerangkan pihaknya siap menjawab segala pertanyaan yang diajukan Ombudsman. Namun, teknis klarifikasi mengenai tembak mati 11 penjahat itu akan dikoordinasikan lebih lanjut.

"Nanti akan kita jawab pertanyaan dari Ombudsman. Teknisnya dikoordinasikan," ujar Argo.

Ombudsman sebelumnya akan memanggil Irjen Idham Azis untuk meminta penjelasan soal kondisi yang berujung penembakan itu. Sebanyak 11 penjahat itu ditembak saat Operasi Kewilayahan yang digelar selama tanggal 3-12 Juli lalu.

"Kami akan minta kepada pihak Polda berikan satu justifikasi bahwa memang sudah terjadi satu eminent danger (bahaya utama) kepada petugas yang bisa menjustifikasi penembakan itu. Mungkin kalau dia (yang menembak mati adalah) Polda Metro, kami akan undang Pak Kapolda," kata Komisioner Ombudsman Adrianus di kantor ORI, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Pusat, Senin (23/7).


Adrianus menyarankan sebaiknya pihak kepolisian tak cepat berasumsi terhadap orang yang terindikasi sebagai penjahat.



Tonton juga video: 'Polda Metro Jaya Tembak Mati 11 Pelaku Kejahatan'

[Gambas:Video 20detik]


(knv/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed