DetikNews
Senin 23 Juli 2018, 14:48 WIB

Projo Pamer 3 Alasan Demokrat Jatim Dukung Jokowi

Elza Astari Rd, Gibran Maulana - detikNews
Projo Pamer 3 Alasan Demokrat Jatim Dukung Jokowi Pakde Karwo dan kader Demokrat Jatim. (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta - Meski belum ada keputusan resmi dari pusat, Partai Demokrat (PD) Jawa Timur disebut mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Pilpres 2019. Kelompok relawan Jokowi, Projo, menganalisis alasan di balik keputusan tersebut.

Ketum Projo Budi Arie Setiadi mengirimkan gambar infografis soal dukungan Demokrat Jatim untuk Jokowi, Senin (23/7/2018). Gambar dengan latar belakang berwarna biru itu berjudul '3 Alasan Demokrat Jatim Dukung Jokowi untuk Pilpres 2019'.

Terdapat lambang Partai Demokrat pada gambar tersebut. Ada juga sosok pria yang menunjukkan kader Demokrat. Bila dilihat dari perawakan di gambar itu, sosok tersebut seperti Ketua Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang kini tengah diangkat partai berlambang mirip logo Mercy itu.


Projo menuliskan tiga alasan Demokrat Jatim mendukung Jokowi melalui kolom-kolom. Kolom pertama terdapat gambar Jokowi.

"Mayoritas kader pilih Jokowi daripada Prabowo (Ketum Gerindra Prabowo Subianto)," demikian keterangan pada kolom itu.

Di kolom kedua, ada gambar Khofifah Indar Parawansa, yang memenangi Pilgub Jatim 2018. Caption kolom itu adalah 'Faktor Khofifah'. Di Pilgub Jatim kali ini, Demokrat mengusung Khofifah. Begitu dipastikan menang di pilgub, mantan Mensos itu langsung menyatakan siap mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Projo Pamer 3 Alasan Demokrat Jatim Dukung JokowiInfografis soal Demokrat Jatim dukung Jokowi. (Dok Projo).

Alasan ketiga yang diungkap Projo adalah 'Peluang Koalisi Poros Ketiga Tinggal Angan'. Terdapat gambar seperti sosok Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada kolom tersebut.

Partai Demokrat selama ini memang kerap menunjukkan keinginan membentuk poros ketiga agar ada alternatif selain Jokowi dan Prabowo. Mereka menawarkan AHY untuk Pilpres 2019. Namun tawaran poros ketiga tak disambut partai-partai lain.

Terakhir, Projo menuliskan hashtag #JOKOWILAGI pada gambar tersebut. Di bawah tagar itu juga dituliskan tagline 'Menebarkan kedamaian dan optimisme untuk negeri' lengkap dengan lambang Projo.

Demokrat tak membantah soal DPD Jatim yang mendukung Jokowi sebagai capres. Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon menjelaskan saat ini Demokrat di seluruh wilayah diminta melakukan polling/jajak pendapat kepada DPC-DPC dan seluruh anggota DPRD dari PD (provinsi, kabupaten, dan kota) untuk mengetahui apa pilihan mereka terhadap 3 opsi: Jokowi, Prabowo, atau calon lain (poros ketiga).



"Hasilnya mayoritas kader di Jatim preferensi politiknya memang ingin partai mendukung Jokowi. Jadi apa yang disampaikan Pakde Karwo (Ketua DPD PD Jatim Soekarwo) itu adalah hasil polling di Jawa Timur. Itulah suara dari Jawa Timur," kata Jansen kepada wartawan, Senin (23/7).

Meski begitu, Jansen menyebut bisa saja hasil di daerah lain berbeda. Dia mencontohkan wilayah Jawa Barat yang hasilnya bertolak belakang dengan Jatim.

"Seperti di Jabar, beberapa waktu lalu diadakan polling yang sama mayoritas kader di sana malah ingin agar partai mendukung Pak Prabowo atau poros ketiga," ucapnya.

Soal bagaimana sikap resmi Demokrat mengenai arah dukungan di Pilpres 2019, Jansen menyebut keputusan masih menunggu Majelis Tinggi Partai (MTP). Semua masukan dari DPD PD se-Indonesia akan digodok dalam rapat MTP yang nantinya akan memutuskan sikap resmi partai.

"Terkait sikap resmi Demokrat di pilpres ini, mari kita tunggu putusan MTP di sidang berikutnya," ujar Jansen.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed