DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 16:12 WIB

372 Bus Shalawat Siap Antar Jemput Jemaah Haji Selama di Mekah

Fajar Pratama - detikNews
372 Bus Shalawat Siap Antar Jemput Jemaah Haji Selama di Mekah Foto: Bus shalawat/Fajar Pratama detikcom
Mekah - Pemerintah Indonesia menyediakan bus khusus untuk jemaah haji selama di Mekkah agar bisa dengan nyaman bepergian ke Masjidil Haram. Bus yang diberi nama bus shalawat ini sudah dalam posisi siap untuk melayani jemaah.

Bus shalawat ini tersebar di 12 rute untuk melayani jemaah haji Indonesia yang menempati pemondokan di wilayah dengan radius lebih dari 1,5 Km dari Masjidil Haram.

"Tahun ini ada 372 bus shalawat," ujar Kasi Transportasi Daker Mekah Asep Subhana di Mekah, Arab Saudi, Minggu (22/7/2018).

372 bus tersebut dalam posisi siap beroperasi. Apabila ada kendala, pemerintah Indonesia juga sudah menyiapkan bus cadangan. Total bus aktif dan bus cadangan berjumlah 394.



Jemaah yang lokasi pemondokannya kurang dari 1,5 Km dari masjidil haram tidak akan mendapatkan akses bus shalawat. Pemondokan mereka tidak dilewati.

"Karena hitungannya dengan radius itu, cukup dengan berjalan kaki," kata Kepala Kantor Daerah Kerja Mekah Endang Jumali.

Terminal akhir dari bus shalawat ini ada di belakang Zamzam Tower, yang lokasinya sudah cukup dekat dengan Masjidil Haram. Dari terminal itu jemaah akan diarahkan menuju pintu masuk terdekat.

"Jemaah juga tinggal menggunakan bus shalawat untuk perjalanan pulang dari Masjidil Haram ke pemondokan," ujar Endang.
(fjp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed