DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 14:10 WIB

Petugas Haji RI Bantu Jemaah Tersesat hingga Sulit Aktifkan WA

Fuad Fariz - detikNews
Petugas Haji RI Bantu Jemaah Tersesat hingga Sulit Aktifkan WA Foto: Salah satu jemaah haji Indonesia (Fuad Fariz)
Jakarta - Petugas haji Indonesia yang berada di Tanah Suci siap membantu para tamu Allah mulai dari persoalan tersesat hingga urusan susah menelpon. Sebisa mungkin, mereka akan membantu.

Suhadi Ishaq, jemaah asal Jember, menghampiri petugas Media Center Haji (MCH) yang sedang berada di kawasan Masjid Nabawi. Ia bertanya bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp-nya.

"Pak, HP saya baru, dulu saya ada WA-nya sekarang tidak bisa. Gimana caranya ya, Pak," tanya Suhadi di lokasi, Minggu (22/7/2018) waktu Arab Saudi.


Tim MCH pun bergerak cepat membantu Suhadi, walaupun bukan keahlian mereka. Sedikit kesulitan, namun masalah akhirnya teratasi.

Di tempat lain, ada juga jemaah yang bertanya mengenai penggunaan kartu lokal apakah dapat digunakan oleh jemaah Indonesia.

"Pak kalau seandainya makai kartu sini boleh kan, Pak, ya? Saya barusan sudah beli," tanya salah satu jemaah yang baru saja menyelesaikan ibadah salat Isya di Masjid Nabawi.


"Sebisa mungkin kita bantu, agar jemaah bisa berkomunikasi dengan keluarganya di Tanah Air," kata Bambang salah satu petugas yang ikut menolong.

Petugas manyarankan jemaah Indonesia untuk menyiapkan alat komunikasinya dan mengaktifkan paketnya terlebih dahulu di Tanah Air, untuk mempermudah komunikasi selama di Tanah Suci.





(fua/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed