DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 12:33 WIB

Polemik Ulama Berpolitik, Zulkifli Hasan: Bagian dari Perjuangan

Muhammad Idris - detikNews
Polemik Ulama Berpolitik, Zulkifli Hasan: Bagian dari Perjuangan Foto: Dok. MPR
Jakarta - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, angkat bicara mengenai silang pendapat peran ulama dalam menjaga persatuan. Bagi Zulkifli, sudah sejak dulu ulama terlibat dalam perjuangan politik dan kebangsaan

"Adalah ulama bernama Fatahillah yang mengusir Portugis dari Jakarta dan kemudian menamakan kota ini menjadi Jayakarta. Di Sumatera Barat Tuanku Imam Bonjol juga ulama yang melawan penjajah. Jadi ulama sejak dulu sudah jadi bagian dari perjuangan kebangsaan," kata Zulkifli dalam keterangan tertulis, Minggu (22/7/2018)

Hal itu disampaikannya saat ceramah kebangsaan dalam Tabligh Akbar Masjid Al Husna bertema 'Damai Indonesiaku', Sabtu (21/7/2018)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini juga menyebutkan bagaimana ulama KH Hasyim Asy'ari menggulirkan resolusi jihad yang menjadi semangat Hari Pahlawan 10 November saat masa perjuangan kemerdekaan.


"KH Ahmad Dahlan juga berjihad membangun sekolah, rumah sakit sampai masjid masjid. Mereka semua ulama dan mereka semua bicara politik dan perjuangan kebangsaan," tegasnya.

Karena itu ia mengajak semua pihak untuk memuliakan ulama dan menghormati dan mengikuti nasihat nasihat mereka. Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli juga tegaskan menolak stigma Islam Indonesia sebagai umat radikal.

"Jangan jauhkan ulama dari umat. Pendapat ulama tentang Islam dan kebangsaan adalah nasihat untuk kita semua. Pernah ada 7 juta umat Islam turun bersama membela agamanya. Tak ada korban, tak ada satupun luka, bahkan tak ada satupun rumput yang rusak. Tuduhan itu jelas salah alamat," tutupnya.


(idr/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed