DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 11:39 WIB

KPAI: Pengusiran Peserta Audisi Tunjukkan Bully ke Anak

Indah Mutiara Kami - detikNews
KPAI: Pengusiran Peserta Audisi Tunjukkan Bully ke Anak Ketua KPAI, Susanto (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Video peserta audisi menyanyi diusir karena masalah penampilan dianggap sebagai bentuk bully kepada anak-anak. KPI diminta mengambil tindakan tegas.

"Melihat proses audisi ini sungguh miris dan sangat disayangkan. Bully terhadap anak karena penampilannya dan dilihat oleh jutaan pemirsa merupakan pelanggaran," kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto kepada wartawan, Minggu (22/7/2018).



KPAI meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bertindak karena audisi itu ditayangkan di televisi. Manajemen audisi menyanyi itu juga harus melakukan evaluasi.

"KPAI meminta agar KPI menindak tegas terhadap audisi-audisi yang menampilkan bully. Selain itu KPAI juga meminta manajemen agar mengevaluasi terhadap proses audisi yang mempertunjukkan bully terhadap anak. Karena hal ini bisa berdampak bagi anak yang bersangkutan dan rentan ditiru oleh anak dalam kesehariannya," ungkapnya.

Susanto meyakini bahwa pengembangan bakat anak di dunia seni dan hiburan adalah hal yang penting. "Namun, perilaku bully tidak boleh ditoleransi," tambah Susanto.



Sebelumnya diberitakan, salah satu juri di acara audisi itu yaitu Iis Dahlia sudah angkat bicara tentang alasan pengusiran. Pedangdut senior itu mengatakan cara orang berkomentar itu berbeda-beda. Iis Dahlia sangat ingin para peserta ajang pencarian bakat bisa saling bersaing dengan penampilan terbaik.

"Kenapa saya ngomong seperti itu? Karena dia harus menghargai dirinya dia, menghargai hal yang dia punya niat gitu, kalau dia punya niat, dia akan prepare karena teman-teman yang lain prepare. Kenapa dia nggak?" kata Iis Dahlia saat dihubungi detikHOT, Jumat (20/7/2018).
(imk/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed