DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 10:28 WIB

Tampung Curhat, Ada Mobil Anti Galau di CFD

Eva Safitri - detikNews
Tampung Curhat, Ada Mobil Anti Galau di CFD Foto: Mobil anti galau di CFD (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Kementerian Sosial buka ruang konsultasi untuk masyarakat di Car Free Day Sudirman. Ruang konsultasi ditujukan untuk siapapun yang ingin bercerita tentang suatu permasalahan yang dialami.

Pantauan detikcom, ruang konsultasi ini berada di dalam mobil yang dinamakan mobil anti galau ini, berada di Jalan Teluk Betung, tepatnya di pertigaan menuju Grand Indonesia. Ada satu mobil dengan beberapa orang konsultan.

"Jadi gini Kemensos itu membantu menangani masalah sosial, baik mulai anak, keluarga, lanjut usia, dan lainnya. Masyarakat tidak tahu seluruhnya kalau kita ada program ini. Kalau kita di kantor saja siapa yang mau datang dengan dijaga oleh satpam. Makanya kita jemput bola," ujar Kepala Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos Tati Nugrahati kepada detikcom di lokasi, Minggu (22/7/2018).



Konsultasi ini dibuka secara gratis. Tati mengatakan seluruh masyarakat dapat bercerita apapun mengenai masalah yang dialami.

"Jadi untuk orang yang konsultasi dengan masalah yang berat kita juga bantu rujukannya. Alhamdulillah kita juga pecahkan masalah, misalnya bagaimana solusi anak yang tidak mau sekolah dan sebagainya. Kita juga punya rehabilitasi sosial seperti itu. Kemudian ada lanjut usia yang tidak mampu harus dibagaimanakan," ucapnya.

"Kita ada tempat rehabilitasi dari Kemensos gratis, dengan cara ini kita kan tahu bagaimana permasalahan sosial masyarakat," lanjutnya.

Kebanyakan orang yang datang jelas Tati merupakan para orang tua yang menceritakan kondisi anaknya. Selain itu, tidak sedikit juga dari mereka yang curhat tentang tindak kekerasan dalam rumah tangga.

"Sejauh ini masalah yang dicurhatin kebanyakan masalah anak dan tindak kekerasan,karena pada umumnya yang konsultasi itu para orang tua. Curhatin bagaimana nyikapin anak yang nakal," katanya.

"Bahkan ada juga yang konsultasi belum punya anak tapi suaminya yang nggak mau untuk diajak berobat, itu kita dampingin juga, kita ada konsultan yang mendampingi untuk bilang ke suaminya dan kita antar ke dokter, mungkin namanya orang kan suka malu untuk bilangnya ya," tambahnya.



Tati menjelaskan adanya mobil anti galau yang bergerak secara mobile ini sangat efektif. Masyarakat jadi tidak malu untuk mencari solusi dari permasalahannya.

"Ya sangat efektif. Jadi mereka tidak ada batasan untuk bercerita apa yang dialaminya. Makanya ini saya siapin tisu. Kadang sampai ada yang nangis-nangis," tuturnya.

Mobil anti galau ini dihadirkan setiap minggunya di Car Free Day. Konsultasi dibuka pada pukul 06.00 WIB. Namun, mobil ini berhenti di titik yang berbeda.

"Iya kita setiap Minggu pukul 06.00 WIB mobile. Kadang di sini (Jalan Teluk Betung) atau di depan Bank BNI," tutupnya.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed