DetikNews
Minggu 22 Juli 2018, 08:13 WIB

DKI Semarakkan Asian Games: Kampung Tematik hingga Wisata Atlet

Indra Komara - detikNews
DKI Semarakkan Asian Games: Kampung Tematik hingga Wisata Atlet Foto: Parastiti Kharisma Putri/ detikcom
Jakarta - Pemprov DKI terus menggenjot persiapan Ibu Kota menyemarakan Asian Games 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Ibu Kota ikut terlibat, salah satunya mengecat kampung bertema Asian Games.

"Program (Kampung Tematik) ini di mana masyarakat terlibat langsung. Masyarakat yang mewarnai seperti tadi dari karang taruna," kata Anies di Segitiga Marto, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).

Kampung Tematik ini bakal difokuskan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Sebab, Kemayoran jadi salah satu lokasi yang bakal disorot selama Asian Games, karena berada satu wilayah dengan Wisma Atlet. Pengecatan mural di beberapa titik di Kemayoran diharapkan bisa menjadi daya tarik para atlet atau wisatawan.

"Tempat ini akan jadi salah satu pusat perhatian. Di belakang sana ada mural yang sudah dibuat. Rumah-rumah, jalan-jalan, tembok-tembok. Kita semua menyadari ini adalah event yang sangat diperhatikan baik di lingkungan Asia maupun dunia," ujar Anies.


Tak hanya kampung Tematik, DKI juga bakal mengadakan senam poco-poco dengan jumlah peserta terbanyak. Senam poco-poco ini juga digelar untuk menyambut Asian Games. Harapannya bisa memecahkan Guiness World Records alias rekor dunia.

"Ada instruktur yang akan melatih 65 ribu warga Jakarta yang akan melakukan tari poco-poco secara kolosal. Tim di Guinness Book of Records mereka mengharuskan keakuratan, ketertiban, kerapian dan kesalahan yang sangat minimum. Karena itu, 65 ribu orang ini harus membawakan tari poco-poco dengan baik, dengan benar dan tepat," kata Anies di Jakarta Utara.

Acara pemecahan rekor senam poco-poco dilakukan di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat oleh Kemenpora yang bekerja sama dengam FOKBI (Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia) dan didukung Dharma Wanita Persatuan Kemenpora. Rencananya acara tersebut bakal digelar 5 Agustus mendatang.

Selain itu, DKI juga sedang menyiapkan program wisata khusus untuk melayani atlet saat Asian Games. Nantinya, atlet akan diajak berwisata di museum dan pusat belanja yang ada di Jakarta.

"Untuk peserta, kami siapkan Jakarta Explorer. Kemudian ada wisata sejarah, wisata belanja, wisata atraksi dan budaya," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (20/7).

Para atlet akan diajak berkeliling ke museum yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta seperti Museum Tekstil, Museum Wayang, hingga Museum Bahari. Selama Asian Games, Anies telah memerintahkan Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta untuk bekerja sama dengan pusat perbelanjaan. Dia ingin pusat perbelanjaan disemarakkan dengan diskon selama gelaran terbesar se-Asia itu.

"Kemudian juga bersama dengan Disparbud kita akan ada event Jakarta Great Sale," paparnya.

Eks Mendikbud itu bahkan meminta gedung-gedung perkantoran ikut dihias untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Sejak awal Juni lalu, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran agar gedung perkantoran di Jakarta ikut dipercantik untuk menyambut Asian Games.

"Mudah-mudahan, redaksi-redaksi kantornya juga diwarna-warniin, jangan hanya kampung-kampung. Kantor-kantor media diwarna-warniin dibuat perayaan. Saya kemarin lihat di Jalan Thamrin sudah ada sebuah gedung yang memiliki banner besar sekali menyangkut Asian Games. Jadi saya malah berharap teman-teman (media) bikin kompetisi dong di media, mana kantor media yang paling keren sambut Asian Games," ucap Anies.
(idn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed