DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 21:15 WIB

Jemaah Haji, Hati-hati Temukan Barang di Arab Saudi

Fajar Pratama - detikNews
Jemaah Haji, Hati-hati Temukan Barang di Arab Saudi Dirjen Bina Haji Kemenag Khoirizi M Dasir/Dok: MCH 2018
Mekah - Jemaah haji asal Indonesia diminta untuk berhati-hati ketika menemukan barang di Arab Saudi. Jika sembarangan memungut, bisa-bisa jemaah menemui masalah besar.

Direktur Bina Haji Kementerian Agama Khoirizi H Dasir mengatakan setiap jemaah apabila menemukan barang di masjid, maupun di jalan, jangan langsung mengambilnya. Akan tetapi jemaah juga jangan lantas cuek begitu saja. Jemaah diminta untuk melapor kepada petugas di titik terdekat.

"Petugas dan jamaah haji misalnya menemukan dompet di jalan, tidak perlu diambil tapi laporkan kepada yang berwajib," kata Khoirizi kepada Media Center Haji, Sabtu (17/7/2018).

Pejabat eselon dua Kemenag ini mengatakan tidak perlunya mengambil barang temuan adalah untuk alasan keamanan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tuduhan pencurian.

Khoirizi mencontohkan ada seorang jemaah yang awalnya mengambil dompet yang ditemukan di kompleks Masjidil Haram. Lalu jemaah tersebut berubah pikiran dan mengembalikan dompet itu di titik semula. Pada saat pengembalian itu, ada petugas yang melihatnya. Karena kesulitan komunikasi, akhirnya muncul tuduhan pencurian.



"Kamera di mana-mana, CCTV ada, apalagi di Masjidil Haram," kata Khoirizi.

Jemaah haji gelombang pertama saat ini sebagian di antaranya sudah berada di Madinah. Mereka akan bergerak ke Mekah pada 26 Juli 2018 mendatang. Mulai 30 Juli 2018, rombongan gelombang kedua bergerak dari tanah air langsung ke Mekah via bandara Jeddah.
(fjp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed