DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 20:15 WIB

Kadaker Mekah Sidak Hotel untuk Jemaah Haji: Persiapan Hampir 100%

Fajar Pratama - detikNews
Kadaker Mekah Sidak Hotel untuk Jemaah Haji: Persiapan Hampir 100% Kadaker Mekah Endang Jumali melakukan sidak kesiapan hotel (Foto: Fajar Pratama/detikcom)
Jakarta - Lima hari lagi rombongan jemaah haji yang saat ini berada di Madinah akan mulai masuk ke Mekah. Kepala Kantor Daerah Kerja Mekah Endang Jumali melakukan sidak kesiapan hotel dan menyatakan kesiapan sudah hampir final.

Sidak dilakukan pada Sabtu (21/7/2018) pagi hingga siang. Endang turut serta mengajak tim Media Center Haji (MCH) untuk melihat langsung kesiapan hotel. Sidak yang dilakukan secara random ini dimulai dari hotel Basyerahil Plaza yang masuk wilayah Sektor 1 Makkah.

Hotel 15 lantai ini berjarak 3,5 km dari Masjidil Haram. Berlokasi di dekat Jembatan King Malik Fahd Street.

Kadaker Mekah Sidak Hotel untuk Jemaah Haji: Persiapan Hampir 100 %Foto: Kadaker Mekah Endang Jumali melakukan sidak kesiapan hotel/Fajar Pratama detikcom


Endang mengecek sejumlah item di hotel tersebut. Mulai dari papan pengumuman di depan hotel, pengumuman di lobi hotel, logistik air minum untuk jemaah, sampai ke dalam untuk mengecek kenyamanan kamar.



"Hotel ini siap menampung sekitar 1.100 jemaah haji Indonesia, dengan fasilitas setara bintang empat. Setiap lorong hotel disediakan air minum yang siap dikonsumsi jemaah," ungkap Endang. Tiap kamar sudah ditempel lembaran yang berisi form nama penghuni kamar.

Dari Basyerahil Plaza, Endang dan rombongan kemudian mengecek ke hotel-hotel lain di antaranya Jawahrat Al'Abead Hotel dan Anwar Al Seel yang terletak di sektor berbeda. Hotel Anwar Al Seel masuk kategori bintang lima dan bisa dibilang lebih nyaman ketimbang hotel lainnya. Dari prosesi sidak itu, Endang mengambil kesimpulan persiapan mendekati tahap akhir.

Kadaker Mekah Sidak Hotel untuk Jemaah Haji: Persiapan Hampir 100 %Foto: Kadaker Mekah Endang Jumali melakukan sidak kesiapan hotel/Fajar Pratama detikcom


"Insya Allah persiapan sudah hampir 100 persen, tinggal menata dan mendistribusikan air minum dalam kemasan untuk jemaah kita," kata Endang.

Saat ini 26.063 jemaah haji Indonesia sudah berada di Madinah. Mulai Kamis (26/07) mendatang sebanyak 5 kloter akan diberangkatkan menuju Mekah dan kemudian disusul gelombang selanjutnya.
(fjp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed