DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 19:35 WIB

Kehilangan Krisna Mukti, PKB Punya Sundari Soekotjo dan Farhat Abbas

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kehilangan Krisna Mukti, PKB Punya Sundari Soekotjo dan Farhat Abbas Farhat Abbas nyaleg dari PKB. (Foto: Dok PKB)
Jakarta - Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku kehilangan Krisna Mukti, yang berpindah ke Partai NasDem. Namun PKB masih punya beberapa caleg artis, termasuk Sundari Soekotjo.

"Iya benar, Sundari Soekotjo (caleg PKB)," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan saat dimintai konfirmasi, Sabtu (21/7/2018).

Setidaknya ada 8 caleg PKB yang berlatar belakang dunia entertainment. Mereka adalah Tommy Kurniawan, Saleh Said 'Bajaj Bajuri', Arzeti Bilbina, penyanyi keroncong Sundari Soekotjo, Ivan vokalis band Seventeen, Herman gitaris Seventeen, dan pesinetron Zora Vidyanata. Terakhir adalah pengacara terkenal di kalangan artis, Farhat Abbas, yang akan maju dari Dapil Jabar VI.

Kehilangan Krisna Mukti, PKB Punya Sundari Soekotjo dan Farhat AbbasSundari Soekotjo. (Instagram @SSoekotjo)

Menurut Daniel, para caleg artis PKB ini bukan baru masuk dunia politik. Arzeti saat ini merupakan anggota DPR dari Fraksi PKB. Sundari Soekotjo, disebut Daniel, juga sudah lama dekat dengan PKB.

"Sudah lama (Sundari Soekotjo jadi kader PKB), dekat dengan pengurus karena banyak pencinta keroncong. Yang paling baru ya Farhat itu, tapi Farhat pun tidak baru-baru banget, sudah setahun lebih belajar tentang PKB," ucap anggota DPR Dapil Kalimantan Barat itu.


Daniel memastikan para caleg artis dari PKB tersebut sudah melek politik. Mereka disebutnya juga sudah mengikuti pendidikan politik sebelum akhirnya diajukan sebagai caleg oleh PKB.

"Semuanya kader lama yang ideologis, yang sudah melalui tahap penggemblengan ideologi dan menghayati cita-cita PKB untuk bangsa," jelas Daniel.

Daniel JohanDaniel Johan (Foto: dok. pribadi)

Cak Imin sebelumnya mengaku kehilangan Krisna Mukti, yang maju di Pileg 2019 lewat NasDem. Meski begitu, dia menilai kepindahan Krisna Mukti sebagai bentuk persaingan politik biasa.

"Tentu merasa kehilangan Krisna Mukti, tapi saya, kita (PKB) nggak. Kehilangan sebagai persaingan biasa," kata Cak Imin, Sabtu (21/7).


Cak Imin tak menampik pesona artis dalam bursa caleg memiliki nilai sendiri. Para artis sudah memiliki modal popularitas.

"Modal artis memang popularitas, popularitas memang mahal, popularitas dimiliki para artis," jelasnya.
(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed