DetikNews
2018/07/21 16:24:11 WIB

KPK OTT Kalapas Sukamiskin, Ini Temuan Pungli di Penjara

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 5
KPK OTT Kalapas Sukamiskin, Ini Temuan Pungli di Penjara Suasana Lapas Sukamiskin usai KPK lakukan OTT, Sabtu (21/7/2018)
Jakarta - Kalapas Sukamiskin terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta menduga OTT ini terkait kasus dugaan suap ini terkait 'fasilitas' napi dan soal izin keluar lapas.

"Kalau di lapas, apalagi modusnya selain izin keluar untuk berobat, mendapatkan tempat lebih baik, fasilitas lebih di ruang sel," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Dia mengatakan soal pemberian fasilitas ini sudah disinyalir terjadi sejak dulu dan bukan hanya di Lapas Sukamiskin.


"Infonya sudah lama begini, bahkan sejak saya jadi hakim. Tapi untuk mengungkapnya butuh barang bukti yang kuat. Kami meyakini bukan hanya Sukamiskin, tapi juga di LP-LP lain," ujar Alexander.

Soal pungli di sel, Ombudsman beberapa kali melakukan sidak maupun mendengarkan curhat para napi. Terkait Lapas Sukamiskin, Ombudsman pernah melakukan kunjungan pada awal Februari 2017 untuk mengklarifikasi laporan warga binaan yang belum terpenuhi hak-haknya.

Saat itu Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai mengatakan pelaporan dari warga binaan Lapas Sukamiskin diterima Ombudsman sebulan lalu. Surat pelaporan tersebut ditandatangani oleh sekitar 360 orang warga binaan yang menuntut hak-haknya.


"Kami ke sini dalam kaitan adanya pelaporan justru dari warga binaan yang menuntut hak-haknya, misalnya pemeriksaan kesehatan, mengunjungi keluarga yang sakit," kata Rifai di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Kamis (9/2/2017).

Selain itu, warga binaan mengeluh terkait adanya hambatan untuk datang ke persidangan. Padahal seharusnya warga binaan diberi kesempatan untuk datang ke persidangan. Akhirnya Ombudsman meminta pihak lapas membuat aturan secara terbuka dan tanpa diskriminasi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed