DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 12:33 WIB

Gembiranya Naufal Dapat Beasiswa karena Hafal Alquran 30 Juz

Rizki Ati Hulwa - detikNews
Gembiranya Naufal Dapat Beasiswa karena Hafal Alquran 30 Juz Foto: Detikcom
Jakarta - Naufal Yova Subagyo (19) mendapatkan beasiswa Kader Surau dari Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Dia mendapat beasiswa karena hafal Alquran 30 juz selama menempuh pendidikan di pesantren.

"Alhamdulillah beasiswa ini sudah mem-back up semua kebutuhan. Mulai dari uang semester, uang makan Rp 300 ribu dan uang belanja Rp 600 ribu, jadi totalnya Rp 900 ribu dalam sebulan," ujar Naufal saat ditemui detikcom di Kemenko PMK, Jumat (20/7/2018).

Bahkan, mahasiswa asal Lampung ini pernah mengikuti MTQ Nasional dan meraih juara 2 di Jakarta tahun 2016 dan juara 2 MTQ di tingkat provinsi Lampung. Tak hanya pandai dalam bidang agama, mahasiswa jurusan Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Aceh ini juga menonjol di bidang akamedik. Naufal yang saat ini kuliah di semester 3 memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5.



Naufal mengaku mendapatkan beasiswa ini melalui rekomendasi organisasi kampus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Itu karena salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah aktif dalam organisasi. Ia mengaku senang menjadi salah satu penerima dari beasiswa ini.

"Alhamdulillah saya merasa senang bisa mendapatkan beasiswa ini," ujarnya.



Selain mendapatkan beasiswa, Naufal juga mendapatkan pembekalan kader mulai dari mengaji, tahsin, hafalan Alquran dan amalan harian lainnya seperti salat duha, dan tahajud. Pembekalan ini mengharuskan dia dan penerima beasiswa lainnya tinggal di asrama.

"Nanti ada program eksternal juga yaitu pemberdayaan masyarakat. Bisa mengajar ngaji dan matematika untuk SD dan bimbingan belajar gratis untuk SMA yang ingin mengikuti tes perguruan tinggi," pungkasnya.

Beasiswa YBM diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi dan tidak mampu di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Total ada sekitar 300 mahasiswa dari 17 PTN di berbagai daerah yang mendapatkan beasiswa ini.

Adapun universitas penerima beasiswa ini yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Riau, Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Jember, Universitas Mataram, Universitas Soedirman.
(mul/mul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed