DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 12:17 WIB

Anies: Bersihkan Sungai Jalan Terus, Waring untuk Hambat Bau

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Anies: Bersihkan Sungai Jalan Terus, Waring untuk Hambat Bau Waring di Kali Item (Agung Pambudhy/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan pembersihan kali/sungai di Jakarta jalan terus. Penggunaan penutup (waring) seperti di Kali Item di dekat Wisma Atlet Kemayoran merupakan salah satu cara menghambat bau tak sedap dari kali itu.

"Back up plan-nya itu dengan di atasnya ada jaring. Jadi usaha kita membersihkan sungai jalan terus. Tapi kalau kita nggak punya penutup, nanti kalau membersihkannya tidak berhasil kita tidak punya cadangan. Karena itu, kita pasang dulu (jaring) supaya aman," kata Anies di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).

Anies mengatakan semua upaya yang dilakukan Pemprov DKI diharapkan efektif mengurangi bau kali, termasuk di dekat Wisma Atlet Asian Games.


Tonton juga video: 'Waring Dinilai Tak Efektif, Anies: Lihat Sini, Jangan di Ruang AC'

[Gambas:Video 20detik]


"Ada beberapa usaha yang sedang dikerjakan. Tapi kita ingin punya back up. Apa pun usaha yang kita lakukan, alat yang dipakai itu bisa untuk menghambat (bau). Tapi yang di airnya tetap dikerjakan," sebutnya.

Waring dipasang di Kali Item di dekat Wisma Atlet untuk mengurangi bau dari kali karena tempat makan atlet Asian Games berada tepat di samping kali.

"Sebenarnya kita coba (pasang jaring) di situ karena kebutuhannya, terutama tempat makannya itu persis di samping sungai. Jadi dulu ketika mendesain itu, dirancang tempat makan para atlet itu berada di samping sungai. Jadi sekarang kita yang harus menata supaya tidak terlalu kuat aromanya," sambung Anies.

"Bagi teman-teman yang pertama kali datang ke sini mungkin merasa bau. Coba datang ke sini dua atau tiga bulan lalu, jauh lebih bau. Ini sudah jauh lebih menurun dan nanti kita akan teruskan," ujar Anies.


Anies: Bersihkan Sungai Jalan Terus, Waring untuk Hambat Bau

(yas/fdn)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed