DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 22:32 WIB

Kesiapan Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi

Jabbar Ramdhani, Zunita Amalia Putri - detikNews
Kesiapan Maruf Amin Jadi Cawapres Jokowi Jokowi menggenggam tangan Ma'ruf Amin setelah menabuh beduk Festival Sholawat Nusantara. (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin mengaku heran namanya masuk dalam bursa cawapres Presiden Jokowi. Namun dia siap jika memang ada panggilan negara.

"Iyalah, buat negara. Semua orang harus siap buat negara, kalau negara perlu, semua orang harus siap," kata Ma'ruf kepada wartawan seusai acara zikir bersama di Kejaksaan Agung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Jumat (20/7/2018).


Ma'ruf mengatakan hingga saat ini belum ada komunikasi dan pertemuan dengan Jokowi terkait dengan cawapres. Ma'ruf tidak mau mengintervensi Jokowi terkait kriteria dan sosok cawapres yang akan dipilihnya.

"Sebaiknya saya serahkan saja sama Pak Jokowi, jangan mengintervensilah. Sekarang ini (soal calon) wapresnya Jokowi tuh mbok sabar," pungkasnya.

Nama Ma'ruf Amin masuk dalam daftar 10 kandidat cawapres Jokowi. Selain Ma'ruf, calon wapres Jokowi antara lain Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Sri Mulyani, Susi Pudjiastuti, Din Syamsuddin, Moeldoko, dan Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy).

Baca juga: Kultwit soal Cawapres Jokowi, Rommy Sebut Nama Ma'ruf Amin

Rommy memaparkan beberapa alasan nama Ma'ruf Amin muncul sebagai bacawapres Jokowi. Posisi Ma'ruf Amin menjadikannya figur yang dihormati seluruh ormas Islam. Selain itu, Ma'ruf dianggap punya kemampuan di bidang ekonomi.

Sosok Ma'ruf Amin juga dikenal sebagai ulama sekaligus politikus. Ma'ruf Amin juga berasal dari keluarga ulama ternama di Indonesia. Dalam kultwitnya, Rommy sempat sedikit bercanda.

"Rais 'Aam itu lengkapnya Rais 'Aamin, makna harfiahnya ketua umum. Jangan dibalik ya, karena bisa jadi bukan cawapres lagi, hehehe," tegas Rommy dalam akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom, Selasa (10/7).


Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga pernah menyurvei cawapres ideal Jokowi dari unsur tokoh agama. Hasilnya, nama Ma'ruf Amin di posisi pertama disusul mantan Ketum Muhammadiyah Din Syamsuddin, Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi, dan anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Mahfud MD.

"Cawapres ideal Jokowi agar didukung oleh tokoh agama berpengaruh. Dari nama-nama yang disodorkan dalam survei LSI Denny JA, nama KH Ma'ruf Amin berada dalam posisi pertama sebagai cawapres ideal Jokowi, yaitu 21 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (10/7).
(idh/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed