DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 20:29 WIB

Panas Menyengat di Puncak Haji, Jemaah Jangan Sampai Dehidrasi

Fajar Pratama - detikNews
Panas Menyengat di Puncak Haji, Jemaah Jangan Sampai Dehidrasi Kadaker Mekah Endang Jumali (Fajar/detikcom)
Mekah - Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Mekah telah tiba di wilayah kerja mereka untuk mempersiapkan penyambutan jemaah haji. Mereka langsung berkoordinasi untuk mengantisipasi sejumlah hal, termasuk cuaca terik pada saat pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Para petugas Daker Mekah tiba di wilayah kerjanya pada Kamis (19/7/2018) malam waktu setempat. Pada Jumat (20/7) hari ini, Kadaker Mekah Endang Jumali langsung memimpin rapat koordinasi.

"Kesibukan yang pertama adalah mengecek kesiapan kantor. Lalu kami juga berkoordinasi dengan sektor-sektor dan persiapan dengan hotel-hotel," ujar Endang dalam perbincangan di kantornya.


Saat ini jemaah haji rombongan pertama sudah berada di Arab Saudi, tepatnya di Kota Madinah. Rombongan pertama ini akan bergerak dari Madinah ke Mekah pada 26 Juli 2018.

Endang mengatakan ada isu khusus yang dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Musim haji berada pada musim panas.

"Musim panas. Pada saat wukuf di Arafah nanti, suhu diprediksi 51-53 derajat Celsius. Kalau sekarang-sekarang ini masih 41 derajat," ujar Endang.


Endang mengingatkan jemaah agar senantiasa menjaga kandungan cairan dengan rutin minum air putih. Sosialisasi mengenai hal ini terus dilakukan.

"Kita terus mengingatkan agar jemaah minum air minimal 8 botol sehari. Di sini, meskipun tidak merasa haus, sebenarnya ada potensi dehidrasi," ujar Endang.
(fjp/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed