DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 20:18 WIB

Saat Jokowi Ditawari Pilih Ma'ruf Amin hingga Cak Imin Jadi Cawapres

Ray Jordan - detikNews
Saat Jokowi Ditawari Pilih Maruf Amin hingga Cak Imin Jadi Cawapres Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Ahmad Muqowam menyinggung soal kandidat calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Ahmad menawarkan beberapa tokoh yang semuanya berasal dari kalangan NU, sebagai ormas induk PMII.

Ahmad mengatakan organisasi yang dia pimpin kerap melakukan dialog dan diskusi mengenai kepemimpinan Presiden Jokowi. Pihaknya menilai telah banyak hal yang dilakukan Jokowi untuk membangun Indonesia.

"Kami mengapresiasi, menghargai dengan tinggi berbagai keberhasilan dan yang akan dilakukan oleh pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo. Antara lain adalah infrastruktur, baik di sektor perhubungan, pekerjaan umum, pedesaan, pertanian, nyata-nyata dinikmati oleh masyarakat Indonesia," kata Ahmad Muqowam dalam pembukaan Munas VI IKA PMII di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2018).



Ahmad juga menyampaikan apresiasi terkait dengan menurunnya angka kemiskinan dan penetapan Hari Santri pada era kepemimpinan Jokowi. Namun dia juga berharap, peran kaum nahdliyin (NU) semakin besar dalam pembangunan Indonesia.

"Sebagai bagian dari keluarga NU, tidak berlebihan kiranya kami berharap kian meningkatnya partisipasi kaum nahdliyin dalam berbagai peran. Dalam pembangunan demokrasi, pemerintah Presiden Joko Widodo telah berhasil melaksanakan tiga kali pilkada serentak. Hal ini kami yakini tidak lepas dari keefisienan pemerintah," katanya.

Atas berbagai prestasi tersebut, Ahmad Muqowam menegaskan hampir dipastikan PMII akan meminta Jokowi kembali maju sebagai capres pada Pemilu 2019. "Ini insimulasi dari sahabat-sahabat dari IKA PMII, yang mengatakan hampir dipastikan Bapak Joko Widodo akan diminta oleh partai politik dan atau gabungan partai politik untuk mencalonkan menjadi Presiden Indonesia periode 2019-2024," katanya.


Berkenaan dengan majunya Jokowi tersebut, IKA PMII pun menyebutkan beberapa tokoh dari NU yang dinilai pantas mendampingi Jokowi pada periode 2019-2024. Di antaranya Ketua MUI KH Ma'ruf Amin dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Bahkan ada juga nama Ketua Umum PPP Romahurmuziy disebutkan.

"Berkenaan dengan hal tersebut, isu yang paling santer adalah wakil presiden sudah dengan pasti kami warga besar NU ada nama Al-Mukaram KH Ma'ruf Amin, ada Al-Mukarram KH Said Aqil Siroj, ada nama KH Muhaimin Iskandar, ada lagi juga adalah, ini gus atau kiai ya, Gus Romahurmuziy saya kira," katanya.

"Tapi kepada Cak Imin, mohon maaf kalau saya sampaikan adalah bukan urutan politik, yang saya sampaikan adalah urutan usia. Sehingga kami ini di dalam, ada berpartai-partai itu tidak tersinggung. Ada yang dari PKB, ada yang dari Golkar, ada PSI, ada macam-macam," tambahnya.
(jor/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed