DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 17:53 WIB

Ini Alasan JK Jadi Pihak Terkait Gugatan Syarat Cawapres Perindo

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Ini Alasan JK Jadi Pihak Terkait Gugatan Syarat Cawapres Perindo Wapres JK di halalbihalal DMI. (Noval/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersedia menjadi pihak terkait dalam gugatan soal syarat capres-cawapres yang diajukan Partai Perindo ke Mahkamah Konstitusi (MK). Apa alasan JK?

"Karena dalam gugatannya, Perindo sudah mengajukan Pak JK sebagai cawapres untuk Pak Jokowi. Maka Pak JK memberikan dukungan," kata jubir Wapres, Husain Abdullah, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (20/7/2018).



Husain, yang akrab disapa Ucheng, menyatakan sebetulnya JK tak berniat kembali berlaga di pilpres. Namun JK, kata Ucheng, bisa mengesampingkan keinginannya tersebut.

Jubir wapres JK, Husain Abdullah. Jubir Wapres JK, Husain Abdullah. (dok. Pribadi)


"Sejak awal Pak JK konsisten bahwa sejatinya ingin istirahat dan tidak ingin melanggar aturan. Tapi kalau untuk kepentingan bangsa dan aturan memungkinkan, tentu Pak JK akan mengesampingkan kepentingan pribadinya," tutur Ucheng.


Ucheng menegaskan, posisi JK bukanlah pemohon ataupun penggugat. JK merupakan pihak terkait.

"Pihak Terkait; dalam hukum acara disebut pemohon intervensi, dan pengadilan wajib menyampaikan pihak yang terkait masalah tersebut, kebetulan materi permohonan pemohon dalam hal ini Perindo adalah tentang keberatan atas pembatasan hak konstitusi Wapres, sehingga hanyalah Pak JK yang berhak mengajukan sebagai pihak terkait," papar Ucheng.

Partai Perindo menggugat UU No 7/2017 tentang Pemilu. Mereka menggugat Pasal 169 huruf n yang menghalangi Wapres JK maju pada Pilpres 2019.

Dalam pasal tersebut dinyatakan capres-cawapres bukanlah orang yang pernah menjadi presiden atau wakil presiden sebanyak dua periode. Berikut ini bunyi Pasal 169 huruf n:

Belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.
(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed