DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 17:50 WIB

JPO Tol JORR Bambu Apus yang Ditabrak Truk akan Dibongkar Besok

Mei Amelia R - detikNews
JPO Tol JORR Bambu Apus yang Ditabrak Truk akan Dibongkar Besok Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Jembatan penyeberangan orang (JPO) di Tol JORR Bambu Apus, Jakarta Timur mengalami rusak berat setelah ditabrak truk trailer. JPO tersebut akan dibongkar untuk mengantisipasi timbulnya korban.

"Pembongkaran JPO dijadwalkan pada Sabtu (21/7) dan Minggu (22/7), saat window time yaitu antara pukul 21.00 hingga 05.00 WIB," ujar Kasubag Humas & Bina Lingkungan PT JLJ Plaza Tol Jati Asih, Puji Astuti dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (20/7/2018).

Pembongkaran JPO dibagi menjadi empat segmen, yang dilakukan oleh pelaksana teknis kegiatan yakni PT Jasa Marga Tollroad Maintenance (PT JMTM). Material JPO akan dipotong dan dilepas satu per satu secara berututan.

"Pengangkatan bagian potongan JPO dilakukan dengan bantuan alat berat yang ditempatkan pada satu lajur, sehingga diperkirakan akan ada penyempitan pada rentang waktu pembongkaran yang telah ditentukan," ungkapnya.


Pengangkatan potongan setiap segmen diperkirakan membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit.

PT JLJ selaku pengelola Tol JORR telah mempersiapkan skenario pengaturan lalu lintas di lokasi. Hal ini dilakukan agar selama proses pembongkaran JPO tidak mengganggu arus lalu lintas di ruas tol.

"Untuk mengantisipasi hal ini, para petugas lapangan JLJ dibantu PJR Jaya IV memasang rambu, pembatas jalan (rubber cone), papan petunjuk, dan mengarahkan pengguna jalan tol yang mengarah ke Pondok Indah untuk keluar tol di ramp exit Bambu Apus 1," jelasnya.

Petugas juga akan membagikan sejenis kartu sebagai tiket pengganti untuk masuk kembali di Gerbang Tol (GT) berikutnya, yakni GT Bambu Apus 2 tanpa dipungut biaya (tidak mengurangi nilai kartu tol elektronik). Pengaturan yang sama juga akan dilakukan pada arah sebaliknya.


JPO tersebut ditabrak oleh truk bermuatan mesin bor Pertamina pada Kamis 28 Juni lalu. Peristiwa tersebut terjadi tepatnya di Km 34+100 Tol JORR wilayah Bambu Apus, Jakarta Timur.

Peristiwa ini mengakibatkan tiang JPO patah. Tidak hanya itu, mobil Toyota Yaris yang berada di belakang truk juga tertimpa muatan truk sehingga mengakibatkan lampu dan kaca pecah.


(mei/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed