DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 13:51 WIB

Waring dan Kali Item yang Makin Hitam

Eva Safitri - detikNews
Waring dan Kali Item yang Makin Hitam Kali Item (Eva Safitri/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Pemandangan mencolok di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, jadi perhatian. Penyebabnya, waring alias jaring hitam menutup di sepanjang sekitar 200 meter.

Waring ini dipasang di Kali Sentiong, yang masuk ke wilayah Sunter Jaya, Jakut. Tapi orang sekitar lebih mengenal aliran sungai ini sebagai Kali Item. Mengapa?

"Namanya saja sudah Kali Item, sebenarnya Kali Sentiong. Tapi cuma warna (air) hitam jadi dikenalnya Kali Item," ujar Lurah Sunter Jaya, Een Hermawan, Jumat (20/7/2018).



Tonton juga video: 'Kali Item Kemayoran yang Tak Lagi Berbau'

[Gambas:Video 20detik]


Warna hitam pekat di Kali Item ini, menurut Een, terjadi karena limbah rumah tangga yang dibuang. Karena limbah ini, bau menyengat kerap tercium.

Een menyebut pembersihan Kali Item sudah dilakukan. Tapi untuk penjernihan air kali dilakukan Sudin Lingkungan Hidup.

Kali ItemKali Item (Eva Safitri/detikcom)


"Jadi nggak tiba-tiba hitam hanya di depan Wisma Atlet aja, jadi ke sananya itu udah item semua."

Di Kali Item, tampak terpasang tali pengait untuk memasang waring di permukaan. Waring ini baru terpasang 200 meter dari rencana pemasangan 689 meter.

Waring dan Kali Item yang Makin HitamFoto: Eva Safitri/detikcom


Tak tercium aroma menyengat dari Kali Item. Warga sekitar menyebut sudah 2 tahun lalu Kali Item di belakang Wisma Atlet tidak berbau. Namun Kali Item kerap dipenuhi sampah.



Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut waring dipasang untuk mengurangi bau tak sedap. Kasubbag Kepegawaian Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Supriyono menyebut waring ini juga untuk estetika.

"Sehingga kali yang airnya hitam itu tidak terlihat langsung oleh para atlet internasional ini, jadi untuk mempercantiklah. Gubernur yang memerintahkan untuk ditutup dengan jaring," ujar Supriyono.

Waring dan Kali Item yang Makin Hitam

(fdn/tor)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed