DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 13:47 WIB

Kasus Pipa Gas Bocor, Kapal MV Lumoso Raya Tak Punya Izin Berlayar

Muhammad Iqbal - detikNews
Kasus Pipa Gas Bocor, Kapal MV Lumoso Raya Tak Punya Izin Berlayar Pipa gas bocor di perairan Banten. (Dok. Istimewa)
Cilegon - Kapal MV Lumoso Raya, yang diduga jadi penyebab pipa gas bocor di perairan Banten, disita Polair Polda Banten. Hasil investigasi TNI AL menyebut pipa gas bocor diduga terkena jangkar kapal.

"Kapal masih ada di perairan, dari UPT tidak mengeluarkan surat izin berlayar (SIB), dokumen kapal sudah kita sita, kapal sudah kita sita kemudian juga dari nakhoda sudah kita mintai keterangan," kata Kasubdit Gakkum Polairud Polda Banten AKBP Yoga Priyahutama kepada wartawan, Cilegon, Jumat (20/7/2018).


Polisi sudah meminta keterangan 24 saksi terkait kasus ini. Puluhan saksi itu berasal dari CNOOC selaku pemilik pipa gas, KSOP Banten, PLTGU selaku konsumen gas CNOOC, dan anggota Polairud sendiri.

"Kita mintai keterangan itu total 24 saksi karena nanti kita masih ada tambahan dari (saksi) ahli dari VTS karena alur traffic kapal kemudian juga dari pihak Pushidrosal sendiri nanti akan menyiapkan sebagai tim saksi ahli, makanya nanti kita ada kurang-lebih 26," ujarnya.


Yoga mengatakan penyitaan kapal dan dokumennya dilakukan lantaran pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi berwenang. Setelah ditelusuri, kapal tersebut tidak memiliki SIB saat lego jangkar ataupun olah gerak di dekat lokasi pipa gas.

"Makanya saya perjelas bahwa terkait dengan adanya kejadian tersebut, kita mencari ada pelanggaran lain atau tidak, kita temukan bahwa pada saat dia olah gerak dia tidak punya SIB sampai ke lokasi," kata dia.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed