DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 07:31 WIB

Jokowi Unggul di Survei LIPI, PDIP: Kepuasan Rakyat Tinggi

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Unggul di Survei LIPI, PDIP: Kepuasan Rakyat Tinggi Politikus PDIP Alex Indra Lukman (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) mengungguli Prabowo Subianto. PDIP menyebut hasil membuktikan kepuasan rakyat tinggi kepada Jokowi.

"Itu menunjukkan bahwa kalau Pilpres dilaksanakan hari ini maka Bapak Joko Widodo akan menang dengan selisih suara yang sangat besar, itu tentu disebabkan oleh kepuasan rakyat terhadap kinerja dan capaian-capaian Bapak Presiden Joko Widodo," ujar Bendahara F-PDIP Alex Indra Lukman kepada detikcom, Kamis (19/7/2018).


Hasil survei LIPI menunjukkan tingkat keterpilihan (elektabilitas) Jokowi jauh lebih unggul dibanding Prabowo.

"Pilihan capres lewat pertanyaan terbuka/top of mind, Jokowi 46 persen, Prabowo Subianto 17 persen," kata peneliti senior Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Wawan Ichwanuddin dalam paparan hasil survei di Hotel Century Park, Jakarta, hari ini.


Dari pertanyaan terbuka/top of mind, Gatot Nurmantyo dipilih 1 persen responden. Sebanyak 32 persen responden tidak menjawab dan 5 persen responden menyebutkan nama lain.

Survei LIPI melibatkan 2.100 responden, dengan perkiraan margin of error (MoE) sebesar +/- 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh enumerator yang telah dilatih dengan instrumen kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada 19 April-5 Mei 2018.
(dkp/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed