DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 22:12 WIB

Sandi Ingin Pajang Tanaman di Waring Penutup Kali demi Asian Games

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandi Ingin Pajang Tanaman di Waring Penutup Kali demi Asian Games Kali di dekat Wisma Atlet dipasangi waring. (Eva Savitri/detikcom)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menutup Kali Sentiong (Kali Item) yang menjadi pembatas antara Kemayoran, Jakarta Pusat, dan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan waring. Wakil Gubernur DKI Sandiaga menyebut penutupan dilakukan untuk mengurangi bau dari kali tersebut, yang lokasinya dekat wisma atlet.

"Kita nggak mau ambil risiko. Jadi Inasgoc bersurat dan Pak Gubernur dan saya mengambil inisiatif untuk mengurangi risiko tiba-tiba 'semriwing', tiba-tiba mengeluarkan bau tak sedap," kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2018).

Sandiaga ingin di atas penutup juga dipajang tanaman hias. Dengan begitu, dari segi pemandangan juga terlihat rapi.




"Karena itu, diberikan layar, tapi yang bisa breathable, yang napas yang akan digunakan juga untuk memberikan rasa aman agar bau tidak terlalu (kuat). Dan dari estetika juga mau ditambah dengan tanaman di atasnya," jelasnya.

Sandiaga menuturkan proses penjernihan Kali Item masih terus dilakukan. Penjernihan tersebut tidak hanya untuk Asian Games semata.

"Terus, jalan terus. Jadi ini double protection untuk make sure. Proses penjernihan itu kan nggak hanya buat Asian Games, tapi buat Asian Para Games dan seterusnya juga," terang Sandiaga.

Pemprov DKI berencana memasang layar untuk menutup Kali Item sejauh pemandangan dari arah wisma atlet saja. Panjang pemasangan layar diperkirakan mencapai 689 meter dengan lebar 20 meter. Saat ini jaring sudah terpasang sepanjang 200 meter.
(zak/fdn)
FOKUS BERITA: Jurus Usir Bau Kali Item
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed