DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 21:04 WIB

Anies Bentuk Tim Percepatan Kegiatan Strategis Daerah

Mochamad Zhacky - detikNews
Anies Bentuk Tim Percepatan Kegiatan Strategis Daerah Anies Baswedan (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Percepatan Kegiatan Strategis Daerah (TPKSD). Tim tersebut dibentuk melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 68 Tahun 2018.

Para anggota TPKSD tersebut terdiri atas Sekda DKI, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Asisten Sekda Bidang Perekonomian, Asisten Sekda Bidang Pembangunan, dan Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Rakyat. Selain itu, sekretaris merangkap anggota adalah Kepala SKPD Bidang Keuangan, Kepala SKPD Bidang Pengelolaan Aset, Kepala SKPD Bidang Pengadaan Barang dan Jasa, serta Kepala SKPD Bidang Penanaman Modal.


Anies memastikan tugas TPKSD tak tumpang-tindih dengan tugas Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Sebab, tugas TGUPP memastikan visi-misi dan semua program Pemprov DKI terlaksana, beda dengan TPKSD, yang hanya berfokus pada kegiatan strategis atau program prioritas.

"Kalau TGUPP utamanya satu, sinkronisasi antara visi-misi dan semua program, semuanya. Yang kedua strategic response. Misalnya ada kejadian apa, kita bisa respons cepat dan misalnya nih muncul kejadian ada pelayanan yang buruk, kita harus bergerak dengan cepat di situ," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018).

"Yang ketiga adalah untuk berkomunikasi dengan berbagai macam pihak, karena atas nama gubernur. Kalau (TPKSD) ini di dalam internal Pemprov sendiri, jadi birokrasi sendiri," imbuhnya.


Selain itu, perbedaan TPKSD dengan TGUPP adalah soal latar belakang anggota. TGUPP diisi orang-orang di luar PNS, sedangkan TPKSD seluruhnya PNS.

"Kalau TGUPP itu sendiri orangnya. Kalau di sini (TPKSD) ex officio orangnya. Jadi dari Bappeda, dari keuangan, yang relevan tiba di tempat kejadian, bukan badan baru. Tapi ini adalah forum untuk memastikan semua program strategis jalan. Jadi tidak ada rekrutmen orang di situ," terang Anies.

TGUPP sendiri terbagi dalam lima bidang. Mulai pencegahan korupsi, percepatan pembangunan, ekonomi, pengelolaan pesisir, dan harmonisasi regulasi.

Namun Anies belum menjabarkan apa saja program prioritas Pemprov DKI yang harus dikawal TPKSD dalam lima tahun. Yang pasti, program prioritas yang dicanangkan Anies berjumlah 60.
(zak/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed