DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 20:44 WIB

Dubes Kanada Bertemu Jokowi Bahas Dukungan untuk Palestina

Ray Jordan - detikNews
Dubes Kanada Bertemu Jokowi Bahas Dukungan untuk Palestina Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Duta Besar Kanada untuk RI Peter MacArthur bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan. Peter membahas dukungan negaranya untuk kemerdekaan Palestina.

Pertemuan tersebut berlangsung secara tertutup di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi ikut dalam pertemuan itu.

"Dubes Kanada berdiskusi mengenai (hubungan) bilateral, karena sekarang ini antara lain yang kita bahas ada peningkatan dukungan Kanada terhadap Palestina. Jadi mengenai Palestina kita juga bahas," kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/7/2018).



Selain itu, Peter dan Jokowi membahas dukungan untuk UN ROA, yang menangani persoalan pengungsi.

"Teman-teman tahu bahwa dengan dikuranginya kontribusi Amerika terhadap UN ROA, maka UN ROA saat ini menghadapi tantangan masalah keuangan. Karena potongan dari Amerika adalah USD 300 juta. Oleh karena itu, kan ke mana-mana Indonesia pergi kita selalu bicara juga mengenai atau mengajak negara lain untuk juga memberikan kontribusinya kepada UN ROA dan dukungan secara general kepada Palestina," jelasnya.



Tak hanya itu, Dubes Kanada juga membahas persoalan pengungsi Rakhine State di Bangladesh dengan Jokowi. Disebutkan bahwa Kanada memiliki special envoy yang khusus menangani masalah tersebut.

"Dan baru saja ada pertemuan di Ottawa dengan duta besar kita dilibatkan untuk itu bicara mengenai masalah bagaimana kita bekerja sama untuk membantu para pengungsi di Bangladesh," kata Retno.
(jor/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed