DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 19:12 WIB

Bertemu Dubes Myanmar, Ketua MPR Tegaskan Sikap RI Bela Rohingya

Robi Setiawan - detikNews
Bertemu Dubes Myanmar, Ketua MPR Tegaskan Sikap RI Bela Rohingya Foto: Dok MPR
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan menerima kunjungan Duta Besar Myanmar untuk Indonesia, Ei Ei Khin Aye di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Jakarta. Dalam pertemuan ini, Zulkifli menegaskan kembali sikap Indonesia yang terus konsisten membela Rohingya.

"Bagi kami, rakyat Indonesia membela Rohingya adalah amanat konstitusi untuk membela kemanusiaan, apapun agamanya. Tak ada tempat untuk penindasan manusia atas manusia lainnya," tegas Zulkifli dalam keterangan tertulis, Kamis (19/7/2018).


Kepada Khin Aye, Ketua Umum PAN ini menitipkan pesan untuk pemerintah Myanmar, agar menyelesaikan konflik berkepanjangan di Rohingya dengan seadil-adilnya, damai, dan tanpa kekerasan.

"Tentu kami di Indonesia berharap masalah Rohingya menjadi perhatian khusus pemerintah Myanmar untuk segera diselesaikan. Hentikan semua bentuk kekerasan dan gunakan pendekatan dialogis," pesannya.

Menanggapi Zulkifli, Khin Aye menghormati sikap Indonesia yang meminta kekerasan di Rohingya segera dihentikan. Dirinya menjelaskan bahwa prioritas Pemerintah Myanmar adalah melakukan pendekatan damai.

"Saya percaya Indonesia selalu memberikan masukan masukan positif terkait situasi Rohingya. Prioritas kami tentu pendekatan damai dan merangkul semua pihak untuk hentikan konflik di Rohingya," Khin Aye.


Lebih lanjut dirinya juga berharap hubungan bilateral Indonesia dan Myanmar bisa terus diperluas di berbagai sektor yang saling menguntungkan.

"Semoga kerjasama kedua negara terus berjalan baik dan bisa diperluas sampai ke sektor ekonomi, UMKM, pendidikan, dan bidang lainnya," pungkas Khin Aye.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed