DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:43 WIB

Pemprov DKI Tambah Fasilitas buat Disabilitas di Asian Para Games

Indra Komara - detikNews
Pemprov DKI Tambah Fasilitas buat Disabilitas di Asian Para Games Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI terus berbenah menjelang Asian Para Games, yang digelar pada September mendatang. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan akan menambah fasilitas untuk penyandang disabilitas di Ibu Kota.

"Kita ingin menghadirkan keadilan bagi para penyandang disabilitas. Dan kemarin sudah kita review ada beberapa halte TransJakarta yang akan ramah terhadap teman-teman disabilitas, seperti nanti di depan Thamrin," kata Sandiaga di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Kamis (19/7/2018).

"Di depan Bank Indonesia itu kita akan ubah. Mudah-mudahan bisa selesai sebelum Asian Para Games, di mana akses itu adalah yang dimudahkan sekali. Ada ram yang akan memberikan keberpihakan secara khusus kepada komunitas disabilitas," sambungnya.

Sandi mengatakan akan ada kemudahan akses bagi disabilitas yang menggunakan TransJakarta. Halte TransJakarta di BI atau Sarinah nanti akan diberi akses jalur pedestrian dari tengah.


"Di depan BI itu kalau dilihat halte TransJakarta itu sekarang akan memberikan akses dari pedestrian, dari tengah. Dan nanti akan kita coba juga di Sarinah dan beberapa halte lain. Ini merupakan pilot project yang kita harapkan juga nanti mendukung pedestrianisasi dari TransJakarta sendiri dan pedestrianisasi dari seluruh penataan koridor utama Sudirman-Thamrin," jelasnya.

Pemprov sudah menganggarkan penambahan fasilitas buat disabilitas tersebut. Dia juga berupaya membuka akses lapangan kerja buat penyandang disabilitas.

"Nominalnya akan ada dari beberapa dinas, tabulasinya nanti bisa dicek ke masing-masing dinas. Tapi kita ingin menganggarkan karena ini sudah ada undang-undangnya di tahun 2016. Kalau tidak salah Undang-Undang Nomor 8 di mana kita harus bukan hanya meningkatkan akses terhadap fisik, secara infrastrukturnya tapi juga akses lapangan pekerjaan," kata Sandi.
(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed