DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:10 WIB

Total Ada 7 Menteri Jokowi yang Nyaleg di Pemilu 2019

Ray Jordan - detikNews
Total Ada 7 Menteri Jokowi yang Nyaleg di Pemilu 2019 Menteri Sekretaris Negara, Pratikno Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Jakarta - Beberapa menteri Kabinet Kerja akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif untuk Pemilu 2019. Total ada 7 menteri di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan nyaleg.

"Ada 7 (menteri yang nyaleg)," kata Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018).


Ketujuh menteri tersebut berasal dari PDIP, PKB, PAN dan PPP. Untuk diketahui, menteri dari PDIP yang akan nyaleg yakni Menko PMK Puan Maharani dan Menkum HAM Yasonna H Laoly.

Sementara itu, menteri dari PKB yang akan nyaleg yakni Menpora Imam Nahrawi, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo.

Sedangkan dari PAN yakni Menpan RB Asman Abnur dan dari PPP yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin.

Untuk mekanismenya, kata Pratikno, semua menteri tersebut akan menggunakan cuti untuk kampanyenya nanti. Tidak ada yang mengajukan mundur dari jabatannya.


"Ya sesuai peraturan perundangan kan hanya cuti pada saat kampanye," kata Pratikno.

Meski cuti, Pratikno yakin hal itu tidak akan mengganggu kinerja mereka sebagai menteri. Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Jokowi kepada menteri yang mengajukan izin nyaleg tersebut. "Kan harus tetap fokus kerja lah tugasnya sebagainya menteri. Cuti pada saat kampanye aja," katanya.

"Kan tetap kewajibannya sebagai menteri, ya jangan mengorbankan," tambah mantan Rektor UGM ini.
(rjo/aan)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed