DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:15 WIB

Cerita Rovi, Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2018

Ray Jordan - detikNews
Cerita Rovi, Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2018 Foto: Jokowi Lantik 724 Taruna-Taruni Akmil dan Akpol Jadi Perwira (Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jakarta - Rovi Ardya Prawira menjadi lulusan terbaik Akademi Militer (Angkatan Darat) tahun 2018. Seperti apa perjalanannya hingga menjadi lulusan terbaik?

Rovi yang merupakan pria kelahiran Medan, 9 April 1996 ini mengaku mendaftar sebagai Taruna untuk Akmil pada tahun 2014. Dia dinyatakan lulus dalam sekali percobaan.

"Lulus dalam sekali percobaan. Saya melanjutkan dalam pangkat calon prajurit Taruna waktu itu. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik di setiap kesempatan," ujar Rovi saat ditemui usai pelantikan dirinya menjadi Perwira TNI oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018).

Setelah menjadi Taruna Akmil, lanjut Rovi, dirinya kemudian naik pangkat menjadi Sersan Taruna dan berhasil masuk ke Akademi Militer. "Lalu saya ke Sermadatar, dan yang terakhir Sermatutar. Itu saya lakukan secara konsisten, berkelanjutan dan pantang menyerah," ungkapnya.


Dia mengatakan, dukungan dari orang tuanya dan keluarganya sangat besar. Dan itu berarti untuk dia bertahan di sekolah kemiliteran tersebut.

"Dukungan orang tua waktu itu dari sebelum masuk saja sudah sangat besar dari papa dan mama. Itu sangat mendukung saya masuk ke dalam akademi militer, karena dari kecil saya sudah bercita-cita menjadi seorang perwira, menjadi seorang prajurit yang mengabdikan diri pada bangsa dan negara," katanya.

Ke depan, dengan menyandang penghargaan Adhi Makayasa, dia berharap bisa menjadi Perwira TNI yang berprestasi dan berguna bagi bangsa dan negara.

"Tentunya Adhi Makayasa ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Suatu kehormatan bagi saya bisa mendapatkan kebanggaan ini, prestasi ini. Untuk saya ke depannya, saya mengharapkan masih tetap konsisten, tetap bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara," jelasnya.


(jor/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed