DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 14:03 WIB

Ini Dia 4 Lulusan Terbaik Perwira TNI-Polri Tahun 2018

Ray Jordan - detikNews
Ini Dia 4 Lulusan Terbaik Perwira TNI-Polri Tahun 2018 Foto: Jokowi Lantik 724 Taruna-Taruni Akmil dan Akpol Jadi Perwira (Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik para perwira remaja TNI dan Polri kelulusan tahun 2018. Ada Empat lulusan terbaik yang disematkan penghargaan langsung oleh Jokowi dalam pelantikan ini.

Pengambilan sumpah dan pelantikan para perwira tersebut berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/6/2018). Ada 724 perwira TNI dan Polri yang dilantik secara upacara tersebut.


Dari 724 perwira tersebut, sebanyak 446 orang berasal dari TNI dengan rincian 415 taruna dan 31 taruni. Sementara itu, Polri sebanyak 278 perwira, dengan rincian 227 taruna 227 dan 51 taruni.

Dalam pelantikan ini, juga diumumkan para lulusan terbaik Taruna dan Taruni TNI dan Polri, atau disebut Adhi Makayasa. Ada empat orang lulusan terbaik yang diberi penghargaan langsung oleh Jokowi.


Lulusan terbaik tersebut yakni, dari TNI AD (Akmil) Rovi Ardya Prawira, kelahiran Medan, 9 April 1996. Dari TNI AL (AAL) Muhammad Faisal Djuhaeri, kelahiran Jakarta, 27 Januari 1996. Dan dari TNI AU (AAU) Summalaras Fatsagunar, kelahiran Surabaya, 25 April 1996.

Sementara itu, dari Akpol yakni Doly Septian, kelahiran Solok, 17 Mei 1995. Keempatnya disematkan pin penghargaan sebagai lulusan terbaik langsung oleh Presiden Jokowi.

Rovi Ardya menceritakan bagaimana dia bisa menjadi taruna di Akmil. Dia mendaftar di tahun 2014, dan dinyatakan lulus dalam sekali percobaan.

"Lulus dalam sekali percobaan. Saya melanjutkan dalam pangkat calon prajurit Taruna waktu itu. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik di setiap kesempatan. Setelah itu, saya naik pangkat ke Sersan Taruna, masuk ke Akademi Militer lalu ke Sermadatar, lalu yang terakhir Sermatutar. Itu saya lakukan secara konsisten, berkelanjutan dan pantang menyerah," ujarnya saat ditemui usal pelantikan.


(jor/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed