DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 13:52 WIB

Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Berebut saat Ziarah ke Makam Nabi

Fuad Fariz - detikNews
Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Berebut saat Ziarah ke Makam Nabi Foto: Masjid Nabawi. (Fuad Fariz-detikcom)
Madinah - Panitia Petugas Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Daker Madinah, mendapat sambutan baik oleh Pimpinan Keamanan Masjid Nabawi Abdurrahman bin Abdullah. Abdurrahman memberikan 3 pesan ke jemaah Indonesia.

Pertemuan dengan pihak Masjid Nabawa itu dipimpin oleh Kepala Daker Madinah Muhammad Khanif dan Kasie Perlindungan Jemaah, Maskat, Kamis, (19/7/2018). Pertemuan berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

Abdurrahman bin Abdullah dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap jemaah haji Indonesia. Sebab, meski jemaah terbanyak tapi tetap menjaga budaya tertib dan santun.

Abdurrahman lalu menyampaikan beberapa pesan kepada jemaah Indonesia maupun ke petugas PPIH. Abdurrahman berpesan agar tak melampaui kewenangan petugas keamanan Arab Saudi.

"Untuk dapat mengambil barang-barang beridentitas Indonesia yang tercecer di masjid dan sekitarnya yang ditemukan dan disimpan di tempat barang-barang temuan," ujar Abdurrahman.


Selain itu, Abdurrahman berpesan agar para jemaah tidak berebutan saat berziarah ke makam Rasulullah SAW. Lalu, tidak tidak membawa uang yang banyak.

Jemaah juga tidak perlu membawa kursi ke dalam masjid karena dapat mencederai diri sendiri dan orang lain. Seluruh larangan itu dibuat agar jamaah tetap aman, nyaman dalam beribadah serta tidak mengganggu kenyamanan ibadah orang lain.
(idh/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed