DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 12:46 WIB

Ada Pesawat 'Tenggelam' Misterius di Google Maps, Ini Kata AirNav

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Ada Pesawat Tenggelam Misterius di Google Maps, Ini Kata AirNav Penampakan pesawat di Google Maps. Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
Jakarta - Sebuah penampakan badan pesawat terlihat di perairan Sumatera Barat dalam aplikasi Google Maps bikin heboh media sosial. Benarkah pernah ada pesawat jatuh di perairan itu?

detikcom menelusuri titik yang disebut-sebut terdapat penampakan pesawat di perairan Sumatera Barat lewat aplikasi Google Maps. Titik tersebut ada di dekat Pulau Pisang.

Koordinat penampakan pesawat itu berada di -0.998934,100.324914 atau 0°59'56.2 Lintang Selatan dan 100°19'29.7 Bujur Timur. Tampak jelas bentuk pesawat berwarna putih jika titik tersebut diperbesar (zoom) hingga maksimal.

Tangkapan layar Google Maps


Badan pesawat berwarna putih dengan kokpit mengarah ke Pulau Sumatera. Tak terlihat nama maskapai dari pesawat tersebut dalam foto satelit.

Foto satelit dari aplikasi Google Maps ini memiliki tanda air (watermark) tahun 2018. Sehingga gambar tersebut bisa dibilang diambil pada tahun 2018.

Gambar pesawat itu dekat dengan Pulau Pisang.Gambar pesawat itu dekat dengan Pulau Pisang. Foto: tangkapan layar Google Maps


detikcom kemudian mengonfirmasi AirNav Indonesia selaku penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan. Rupanya sejauh ini belum ada kejadian pesawat jatuh di koordinat tersebut.

"Kalau dari segi pelayanan, kami lancar semua. Tidak ada kejadian (pesawat jatuh) di perairan tersebut," kata Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (18/7/2018).

Yohanes kemudian menyebutkan, titik tersebut merupakan jalur atau rute perlintasan pesawat. Dia menduga gambar itu merupakan pesawat melintas yang tertangkap kamera satelit Google.

"Kelihatannya mungkin pas ada pesawat yang lewat," imbuh Yohanes.


Saksikan juga video 'Kini Ada Rute Khusus Motor di Google Maps':

[Gambas:Video 20detik]

Ada Pesawat 'Tenggelam' Misterius di Google Maps, Ini Kata AirNav

(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed