DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 12:31 WIB

Kisah Anak Petani, 3 Kali Gagal Tes Bintara tapi Jadi Perwira TNI

Ray Jordan - detikNews
Kisah Anak Petani, 3 Kali Gagal Tes Bintara tapi Jadi Perwira TNI Jokowi Lantik 724 Taruna-Taruni Akmil dan Akpol Jadi Perwira (Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jakarta - Air mata jatuh dari sudut mata Irwanda Wicaksono saat dihampiri orang tuanya di Istana Merdeka, Jakarta. Irwanda tak kuasa menahan haru saat resmi diambil sumpah menjadi perwira TNI Angkatan Laut (AL).

Irwanda, yang tampak mengenakan seragam khas TNI AL berwarna putih, langsung sujud ke tanah, mencium kaki ayahnya seusai pengambilan sumpah dan pelantikan dirinya menjadi perwira TNI AL oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di lapangan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2018). Dia lantas memeluk erat tubuh ayah dan ibunya sambil menitikkan air mata.

"Terima kasih Pak, Bu," kata Irwanda.

Irwanda merasa bersyukur bisa menjadi perwira TNI. Sebab, dia teringat bagaimana pengorbanan orang tuanya yang bekerja sebagai petani di Desa Wayakan, Gunung Sawangan, Magelang, yang juga bagian dari kawasan Gunung Merapi.

"Alhamdulillah, saya sungguh tidak menyangka sekali bisa menjadi seorang perwira dengan dilantik oleh Presiden. Saya tidak bisa berkata-kata. Berterima kasih kepada bapak-ibu saya yang selama ini berkorban untuk saya. Saya tidak bisa ngomong apa lagi," kata Irwanda sambil mengusap air matanya.


Irwanda bercerita, awalnya dia tidak pernah punya keinginan menjadi perwira TNI. Terlebih, dia sempat tiga kali gagal mengikuti tes bintara TNI.

"Saya daftar bintara gagal tiga kali, dan yang terakhir alhamdulillah saya dapat masuk perwira," katanya.

"Jadi, perwira ini merupakan hal yang mustahil bagi saya, soalnya saya dari keluarga yang kurang mampu. Saya dari desa. Alhamdulillah berkat bapak dan ibu saya," imbuhnya.

Sementara itu, ayah Irwanda, Slamet Abdul Manan, juga tak kuasa menahan tangis. Bibirnya bergetar saat mengucap syukur anaknya menjadi perwira TNI AL.

"Alhamdulillah, Bapak bangga. Semoga menjadi TNI yang berguna untuk bangsa dan negara," katanya yang lantas dipeluk Irwanda dan istrinya.
(jor/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed