DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 23:59 WIB

Satpol PP: Bendera Peserta Asian Games di Kota Tua Inisiatif Warga

Arief Ikhsanudin - detikNews
Satpol PP: Bendera Peserta Asian Games di Kota Tua Inisiatif Warga Tiang bambu yang jadi tiang bendera negara peserta Asian Games 2018. (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Bendera peserta Asian Games dengan tiang bambu di kawasan Kota Tua, Jakarta, merupakan inisiatif dari warga Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat. Mereka memasang deretan bendera itu untuk memperingati Asian Games.

"Itu sebenarnya perbatasan, di atas kali. Masuk ke wilayah Taman Sari. Tapi itu dibuat murni inisiatif warga Roa Malaka, Tambora," ucap Kasatgas Pol PP Kecamatan Tambora Ivand Adilyan Anugrah saat dihubungi detikcom, Rabu (18/7/2018).


Ivand menerangkan bendera tersebut dipasang tiga hari lalu. Sempat menjadi perbincangan karena bendera diikat pada tiang bambu.

"Sempat ada laporan. Kita coba cek. Memang ada beberapa tiang yang tidak lurus," ucap Ivand.

Setelah itu, Satpol PP bersama pihak Kelurahan Roa Malaka, termasuk PPSU, memperbaiki tiang bendera. Bambu yang semula diikat dengan tali rafia kini diikat kawat.


"Kita rapikan dengan kawat. Soalnya, ini kan inisiatif murni warga untuk menyambut Asian Games," kata Ivand.

Total ada sebanyak 22 bendera terpasang di Jalan Lada, Kawasan Kota Tua. Bendera itu terpasang di atas jembatan Kali Besar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan kepada lurah se-Jakarta untuk membiarkan warganya berkreasi menyambut Asian Games 2018. Dia meminta lurah tak melarang kegiatan positif warga itu.

"Saya instruksikan kepada semua lurah untuk membantu warga yang memiliki inisiatif menyambut Asian Games. Jangan justru malah ditahan, apalagi direndahkan," kata Anies di kawasan Senayan.
(aik/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed