DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 23:16 WIB

Steffy Burase Jelaskan soal Aceh Marathon 2018: Biayanya Rp 13 M

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Steffy Burase Jelaskan soal Aceh Marathon 2018: Biayanya Rp 13 M Fenny Steffy Burase setelah diperiksa KPK selama 12 jam. (Nur Indah Fatmawati/detikcom)
Jakarta - Fenny Steffy Burase menjelaskan soal event Aceh Marathon 2018. Menurutnya, acara bertaraf internasional itu memakan biaya sekitar Rp 13 miliar.

"Pokoknya kalau untuk total event keseluruhan itu memang memakan biaya kurang-lebih Rp 13 miliar. Sudah semuanya," ujar Steffy setelah diperiksa di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018).

Steffy selaku staf ahli dalam acara ini juga sempat memberikan perincian, dari biaya tersebut, untuk pengadaan medali membutuhkan Rp 500 juta. "Sebenarnya kalau untuk total biaya medali itu sendiri mencapai Rp 500 juta, tapi kalau untuk bajunya juga ada sekitar hampir Rp 300-400 juta, saya kurang jelas," tuturnya.

Sayangnya, acara itu harus ditunda menyusul kasus suap yang menjerat Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah nonaktif Ahmadi. Ini merupakan hasil keputusan Pemda Aceh.

"Sampai saat ini sih dari pemda bilangnya ditunda. Dan keputusan memang di pemda, bukan di kami (panitia)," kata Steffy.
Dalam perkara ini, Irwandi diduga menerima suap dari Ahmadi sebesar Rp 500 juta dari commitment fee Rp 1,5 miliar atau 10 persen demi mendapatkan ijon proyek infrastruktur yang menggunakan alokasi Dana Otonomi Khusus Aceh.

KPK menduga bagian 8 persen diperuntukkan bagi sejumlah pejabat di provinsi, sedangkan 2 persen di tingkat kabupaten. Sebagian dari duit suap Rp 500 juta itu diduga akan digunakan untuk kegiatan Aceh Marathon 2018.

"Uang yang disetor ke beberapa rekening tersebut diduga digunakan untuk pembayaran medali dan pakaian kegiatan Aceh Marathon 2018," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Rabu (4/7).
(nif/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed