DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 21:28 WIB

Kapolri Siapkan Beasiswa ke Luar Negeri bagi Lulusan Akpol

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kapolri Siapkan Beasiswa ke Luar Negeri bagi Lulusan Akpol Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian berharap para calon perwira remaja (capaja) Akademi TNI-Polri menjadi agen perubahan. Dia mengatakan Polri bekerja sama dengan Kemenkeu telah menyiapkan beasiswa bagi para lulusan Akpol.

"Nah, khusus di Polri, saya sudah siapkan, kerja sama dengan LPDP Kemenkeu. Polri sejak 3 tahun lalu sudah diberi 150 slot beasiswa luar negeri," kata Tito di hadapan 724 capaja TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (18/7/2018).


Tito mengatakan hal tersebut mencontoh apa yang dilakukan oleh Singapura. Menurut Tito, Singapura menjadi salah satu negara berpengaruh di Asia Tenggara karena memberikan beasiswa kepada generasi terbaiknya.

"Dulu Singapura tak seperti itu, Singapura melompat karena menginvestasikan sumber daya manusia. Cara dia, sekolahkan orang terbaik ke luar negeri dengan beasiswa yang banyak, pendidikan digratiskan, 30 persen investasinya ke SDM dan setelah begitu S-2, S-3 kembali, mereka kembali membawa knowledge, membawa kultur, membawa jaringan, dan disiapkan khusus percepatan karier bagi mereka," ujar dia.


Dia mengatakan hendak meniru hal tersebut. Namun, menurut Tito, dari 150 penerima beasiswa, hanya 18 orang yang berangkat pada tahun ini.

"Tahun ini hanya 18 orang yang berangkat, padahal saya inginnya 150 yang diambil dari lulusan Akpol. Kenapa? Karena PTIK sedikit karena Akpol dominan, yang lulus 300. Saya ingin separuhnya berangkat," tutur Tito.

Tito menyatakan masih sedikitnya lulusan Akpol yang berangkat karena terkendala kurikulum bahasa Inggris. Dia juga meminta ada percepatan karier bagi para personel kepolisian yang telah lulus S-2 dan S-3 dalam program beasiswa ini.

"Jadi 10 tahun yang akan datang, akan datang 1.500 perwira intelektual lulusan luar negeri S-2, S-3. Dan saya minta Pak Asisten SDM Polri untuk lulus LPDP ini ada percepatan karier tersebut. Kalau biasa ipda ke iptu perlu 4 tahun, percepat jadi 3 tahun. Kalau iptu ke AKP juga sama. Dengan percepatan ini, saya harap generasi lulusan LPDP ini punya posisi sendiri dalam struktur komunitas Polri," pungkasnya.
(ibh/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed