DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 09:25 WIB

Pengumuman Jalur Mandiri PPMB Unair 2018, Cek Namamu di Sini!

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Pengumuman Jalur Mandiri PPMB Unair 2018, Cek Namamu di Sini! Salah satu kampus Unair (Imam Wahyudiyanta/detikcom)
Jakarta - Sejumlah perguruan tinggi negeri menggelar seleksi jalur Mandiri, termasuk Universitas Airlangga (Unair). Hasilnya telah diumumkan.

Lihat di sini: Pengumuman Seleksi Jalur Mandiri Unair!

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair telah mengumumkan hasil jalur Mandiri pada 19 Juli 2018 malam. Sempat mengalami pengunduran dari jadwal semula, hasilnya akhirnya diumumkan. detikcom juga turut mempublikasikan pengumuman tersebut.

PPMB Unair tak menggelar ujian tertulis pada jalur Mandiri ini. Nilai yang digunakan adalah hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018.



Setelah peserta mendaftar, pihak Unair kemudian akan mengakses data nilai SBMPTN di tingkat pusat. Tentu saja para peserta jalur Mandiri haruslah mengikuti SBMPTN terlebih dahulu.

Adapun peserta jalur Mandiri PPMB Unair sebanyak 15.239. Mereka memperebutkan 1.560 kursi yang masih tersedia.

Peserta yang Lolos Diminta Segera Daftar Ulang

Ada setidaknya 100 orang yang tak mendaftar ulang setelah lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Airlangga (Unair). Namun Unair tak membuka pendaftaran lagi untuk mengisi kekosongan kursi tersebut.

"Ada kursi kosong dari SBMPTN, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak hanya di atas ratusan dan itu akan kita isi dari Mandiri ini," ujar Rektor Unair Prof Mohammad Nasih dalam jumpa pers di Kampus C Unair, Mulyorejo, Surabaya, Kamis (19/7/2018).

Untuk itu, Nasih mengimbau para mahasiswa yang dinyatakan lolos melalui jalur Mandiri PPMB Unair, agar segera melakukan daftar ulang. Ada 1.560 calon mahasiswa yang diterima lewat jalur ini.

"Kita minta calon mahasiswa untuk segera daftar ulang karena ini akan segera kita gunakan untuk pengambilan keputusan berikutnya," tambahnya.

Sementara itu, Nasih mentargetkan tanggal 23 Juli nanti pihaknya sudah bisa menerima berkas pendaftaran ulang mahasiswa mandiri. Jika ada beberapa mahasiswa yang tidak daftar ulang, Nasih mengatakan akan membuka seleksi putaran tiga.

"Kita berharap pada tanggal 23 itu semua mahasiswa Mandiri ini sudah bisa daftar ulang. Karena kami tentu ingin mengetahui kalau masih ada yang tidak daftar ulang dan jumlahnya sangat banyak, kita akan segera putar putaran ketiga," ungkap Nasih.

Namun, Nasih menekankan jika dalam seleksi putaran tiga nantinya tidak akan dilakukan pembukaan pendaftaran. Karena pihaknya akan meloloskan beberapa nama yang memiliki nilai dan persyaratan lengkap yang jumlahnya di bawah yang sudah lolos tersebut.

"Untuk mengisi mereka mereka yang memenuhi dan tinggal mengambil nilai yang di bawahnya. Tapi kita tidak akan membuka pendaftaran baru," tuturnya.


(bag/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed