DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 20:00 WIB

Selama Asian Games, Kawasan Kota Tua Dipasangi Internet 5G

Indra Komara - detikNews
Selama Asian Games, Kawasan Kota Tua Dipasangi Internet 5G Kawasan Kota Tua (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan melakukan uji coba pemasangan internet dengan kecepatan 5G di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Uji coba itu akan dilakukan selama pagelaran Asian Games 2018.

"Uji cobanya ingin kita lakukan untuk penyelenggaraan Asian Games, di mana akan hadir ribuan, mungkin ratusan ribu, warga di Kota Tua," kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, (18/7/2018).


Pemprov dalam hal ini bekerja sama dengan XL Axiata. Pemasangannya nanti akan memanfaatkan tiang-tiang penerangan jalan umum di sekitar Kota Tua.

"Teknologi 5G dengan WiGiC, bukan Wi-Fi, di mana tidak memerlukan BTS, tapi akan memakai tiang PJU dan juga tiang pool yang sudah ada. Jadi tidak akan merusak, tapi ini akan memiliki kecepatan yang luar biasa," ujarnya.


Dengan dipasangnya internet berkecepatan 5G itu, Sandi mengatakan, warga bisa mengakses internet 10 GB hanya dalam waktu 3 detik.

"Untuk 10 gigabita, kalau kita pakai 2G, itu akan memerlukan waktu 222 jam, memakai 3G akan memakan waktu 22 jam, 4G akan memakai 2 jam, dan kalau memakai 5G hanya 3 detik. Berarti itu loncatan yang luar biasa," terangnya.


Sandi berharap internet ini bisa dimanfaatkan oleh ribuan wisatawan di Kota Tua. Dia menargetkan bulan Agustus mendatang sudah bisa dinikmati masyarakat.

"Insyaallah bulan Agustus dan selama perhelatan Asian Games ini akan dipakai," kata Sandi.
(idn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed