DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 15:48 WIB

Cerita Warga Patungan Bendera Negara Asian Games Bertiang Bambu

Sahaya Anisa - detikNews
Cerita Warga Patungan Bendera Negara Asian Games Bertiang Bambu Tamran dan Rian, dua dari sejumlah warga yang patungan pasang bendera (Foto: Sahaya Anisa/detikcom)
Jakarta - Bendera negara yang dipasang pakai bambu dipasang kembali di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Rupanya deretan bendera dan tiangnya itu hasil patungan 9 orang.

Hal tersebut dituturkan seorang warga setempat bernama Tamran saat ditemui detikcom di lokasi, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (18/7/2018). Tamran menyatakan dia dan teman-temannya yang membeli perlengkapan bendera itu.

"Kita bawa marilah kita meriahkan lah Jakarta ini (meriahkan Asian Games dan acara torch relaynya). Pasang bendera beli bendera dan beli bambu. Kita pakai uang masing-masing," kata Tamran.


Lurah Penjaringan Depika Romadi membenarkan adanya izin dari warga untuk memasang bendera-bendera tersebut. Tujuannya untuk memeriahkan gelaran Asian Games.

"Mereka bicara bolehnggak pak kalau dipasang ini (bendera) biar rame ramein ya. Saya sampaikan selama itu tidak menggangu untuk memeriahkan ya silakan. Memang pas malamnya saya lihatnya memang suda ada tapi pada saat pastinya mereka masang itu jam berapa saya nggak ngeh, kurang paham. Tapi waktu malam saya lihat memang sudah ada," jelas Depika saat ditemui di lokasi.


Depika menyatakan dirinya sempat ditelpon Wali Kota Jakarta Utara perihal pemasangan bendera yang sempat dicopot itu.

"Awalnya minta penjelasan aja. Dari awal ceritanya gimana. Kemudian ya kemudian kan saya lihat di postingan Pak Anies mengapresiasi ya kemudian ada arahan ya dipasang saja lagi nggak apa-apa yo kita pasang gitu saja," tutur Depika.

"Ini salah paham dan ya penilaian orang. Subjektivitasnya emang mungkin berbeda-beda. Niat orang kan masing-masing berbeda. Karena kemampuan anak-anak penjaringan kan yang namanya menengah ke bawah kemampuan terbatas ya," terangnya.
(rna/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed