Golkar: Akom, Agus Gumiwang, hingga Meutya Hafid Tak Nyaleg di 2019

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 18 Jul 2018 14:48 WIB
Ade Komarudin (Akom) (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dari 91 anggota DPR RI Fraksi Golkar periode 2014-2019, beberapa memutuskan tak maju kembali di Pileg 2019. Siapa saja?

"Yang tidak maju antara lain Pak Agus Gumiwang Kartasasmita, Pak Mahyudin, Ibu Betty Sadiq, Pak Ade Komarudin (Akom)," ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily, Rabu (18/7/2018).

Agus Gumiwang saat ini menjabat Sekretaris Fraksi Golkar sekaligus Plt Ketua DPD Golkar DKI Jakarta. Akom merupakan eks Ketua DPR. Selain itu, elite Golkar Meutya Hafid, disebut Ace, memutuskan tak maju Pileg 2019.

Golkar: Akom, Agus Gumiwang, hingga Meutya Hafid Tak Nyaleg di 2019Agus Gumiwang (Lamhot Aritonang/detikcom)
"Ya itu yang tidak maju. Terakhir, Mbak Meutya juga tidak maju," ucap dia.

Ace menjelaskan perihal pilihan politik Meutya. Eks Ketua Komisi I DPR itu disebut menyatakan tak bersedia maju ke Pileg 2019 tepat sebelum pendaftaran caleg.


"Mbak Meutya bukan mengundurkan diri karena beliau menyatakan tidak bersedia untuk maju kembali sebelum pendaftaran caleg kemarin. Namun beliau akan tetap berada di Partai Golkar bersama kami," ucap Ace.

Sementara itu, Wasekjen Golkar Sarmuji menyebut partainya juga tak mencalonkan anggota DPR periode sekarang yang terlilit kasus hukum. Di antaranya Setya Novanto dan Eni Maulani Saragih.

Golkar: Akom, Agus Gumiwang, hingga Meutya Hafid Tak Nyaleg di 2019Meutya Hafid (Dok Istimewa)

"Tapi ada juga yang memilih perjuangan menjadi anggota DPD, seperti Pak Mahyudin dan Bu Otje Djundjunan," sebut Sarmuji secara terpisah. (gbr/elz)