DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 13:05 WIB

Sonny Tulung Nyaleg di DKI, PKPI Daftarkan 176 Caleg ke KPU

Zunita Amalia Putri, Dwi Andayani - detikNews
Sonny Tulung Nyaleg di DKI, PKPI Daftarkan 176 Caleg ke KPU Foto: PKPI saat daftar Bacaleg di KPU. (Ari Saputra/detikcom).
Jakarta - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) telah mendaftarkan bacaleg ke KPU Pusat. Ia mendaftarkan 176 bakal calon legislatif dari 76 daerah pemilihan.

"Iya, semalam PKPI sudah mendaftar ke KPU," kata Komisioner KPU Ilham Saputra kepada detikcom saat dikonfirmasi.

Salah satu caleg yang diajukan oleh PKPI adalah presenter Sonny Tulung. Sonny baru saja masuk PKPI setelah pindah dari PDIP.

"Benar (Sonny Tulung caleg PKPI). Untuk DPRDI Provinsi DKI," ungkap Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan dihubungi terpisah.


PKPI mendaftarkan bakal calegnya dipimpin oleh Wakil Ketua Umum Rudi Sukarta semalam, Selasa (17/7). Berkas pendaftaran diterima langsung oleh Ketua KPU Aried Budiman dan Komisioner KPU Ilham Saputra.

"Alhamdulillah saya ditemani oleh Pak Wakil Ketua Umum Pak Rudi Sukarta kemudian Pak Wakil sekretaris jenderal Pak Susilo Wibowo dan ketua bidang kepemudaan Pak Rizki dan Desta jumlah kami total baik kami di 76 dapil 76 daerah pemilihan dengan jumlah bakal Calon Legislatif sebanyak 176 bacaleg," kata Verry Hendrawan di Kantor KPU, Selasa (17/7) malam.

Dia menjelaskan kenapa hanya 176 bacaleg yang didaftarkan. Hal tersebut lantaran PKPI mengincar kualitas dibanding kuantitas caleg dan fokus pada kemenangan PKPI di Pemilu 2019.


"Kenapa hanya 176, seperti yang kami ungkapan di awal kami fokus lebih kepada kualitas-kualitas ada aturan-aturan partai yang kamu ikuti proses Penjaringan dan lain sebagainya Itulah kenapa kami ke angka 176 saja baik semuanya sudah difokuskan kita sudah ada yang namanya tim badan pemenangan pemilu dan fokusnya adalah lebih kepada sekali lagi kualitas kita yang selalu menang," jelas Verry.

Selain itu untuk batas minimal caleg perempuan, ia mengatakan, saat ini PKPI telah melebihi batas minimal tersebut dengan mencalonkan 40 persen perempuan dari 176 bacaleg tersebut.

"Alhamdulillah mungkin kami partai yang cukup besar komposisi wanitanya ada 40% lebih wanita," ungkap Verry.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed