DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 12:36 WIB

Jokowi Tawari Presiden Mikronesia Pesawat N219 Produksi PT DI

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Tawari Presiden Mikronesia Pesawat N219 Produksi PT DI Presiden Jokowi. (Foto: Kris - Biro Pers Setpres)
Bogor - Saat bertemu dengan Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M Christian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarinya membeli pesawat N219 produksi PT Dirgantara Indonesia (DI). Tindak lanjut dari tawaran tersebut, Christian akan berkunjung ke PT DI di Bandung.

"Presiden Christian besok akan berkunjung ke PT DI di Bandung," kata Jokowi seusai pertemuan bilateral dengan Peter di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Miniatur pesawat N-219.Miniatur pesawat N-219. (Erna Mardiana/detikcom)

Jokowi menambahkan dirinya sangat menghargai konsistensi dan komitmen Federasi Mikronesia untuk menghormati integritas NKRI. Kedua belah pihak sepakat memperkuat kerja sama di berbagai forum di Pasifik Selatan, antara lain melalui kerja sama di Pacific Island Forum.


"Dalam pertemuan bilateral tadi, kita membahas berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral. Yang pertama, sebagai sesama negara kepulauan, kita sepakat meningkatkan kerja sama di bidang maritim dan peningkatan konektivitas antarpulau," kata Jokowi.

Selain itu, dalam bidang ekonomi, adanya kesepakatan meningkatkan interaksi pengusaha kedua negara. Dalam kaitan tersebut, Jokowi mengundang federasi pebisnis Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2018.

"Yang ketiga, untuk meningkatkan hubungan kedua negara, Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk Federasi Mikronesia. Yang keempat, untuk meningkatkan hubungan antar-masyarakat, Indonesia juga menawarkan beasiswa dan kerja sama pembangunan di berbagai bidang," jelas Jokowi.


Sebelumnya, Jokowi mengatakan Christian memiliki kedekatan dengan Indonesia. Christian memiliki keturunan suku Ambon, Maluku, yang merupakan generasi ketiga di negara Mikronesia.

"Indonesia merupakan negara yang tidak asing bagi Presiden Christian. Beliau memiliki darah keturunan Indonesia, yaitu keturunan Maluku, generasi ketiga di Mikronesia. Dalam kunjungan ke Indonesia ini, beliau juga akan pulang kampung ke Ambon," kata Jokowi.
(jor/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed