DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 10:53 WIB

Surat Dari Tendean

Cerita di Balik Nobar Piala Dunia 2018 yang Berujung Rekor MURI

Ishadi SK - detikNews
Cerita di Balik Nobar Piala Dunia 2018 yang Berujung Rekor MURI Nobar Transmedia di Sunburst. Foto: Ari Saputra
Jakarta - World Cup 208 telah berakhir. Juara dunia sepak bola direnggut Perancis. Dirayakan besar-besaran di Champs-Élysées serta Menara Eiffel, Paris.

Bicara fenomena World Cup, yang mentradisi sejak 20 tahun yang lalu adalah "nonton bareng". Puluhan bahkan ratusan pendukung masing-masing kesebelasan beramai-ramai nonton bareng di berbagai forum. Mulai dari rumah di antara keluarga, hingga cafe, perkantoran, kampus sampai di tengah jalan di kampung bermodalkan infocus dan layar sederhana.

Nonton bareng yang spektakuler diselenggarakan oleh Transmedia yang tahun ini menjadi host broadcasters di lapangan seluas 20 hektar di lingkungan BSD Jakarta.

Semuanya berawal dari gagasan Bos Transmedia, Pak CT, bulan April lalu untuk membuat suatu event nonton bareng yang berbeda, nonton bareng dengan penonton terbanyak di Indonesia. Segera, Noko, Chief Produksi, langsung bekerja.

Nobar Final Piala Dunia di Sunburst.Nobar Final Piala Dunia di Sunburst. Foto: 20detik

Langkah pertama, clear and cut lahan yang tersedia di kawasan BSD. Diperlukan waktu dua minggu untuk membereskan lahan yang tadinya ditumbuhi oleh alang-alang maupun pepohonan kecil menjadi lapangan luas untuk bisa menampung penggemar sepak bola nonton bareng sebanyak-banyaknya.

Bersamaan dengan itu, tim produksi Transmedia menghubungi vendor-vendor yang biasa mempersiapkan pagelaran di lapangan terbuka yang kali ini misinya adalah nonton bareng World Cup 2018 dengan audio dan video terbaik.

Awalnya diharapkan akan bisa disiapkan layar LED raksasa, seluas 500m2. Setelah menghubungi berbagai kontraktor, akhirnya ada vendor Cyda yang bisa menyiapkan layar LED seluas 340m2. LED terbesar yang pernah digunakan di Indonesia.

Perusahaan Cyda khusus memesan layar lebar ini dari China yang kemudian dipasang di Lapangan Sunburst. Satu m2 LED terdiri dari empat keping LED, sehingga total ada 1.360 keping LED yang dipasang secara manual. Diperlukan waktu dua minggu untuk pemasangannya. Tidak mudah karena memerlukan presisi yang sangat tinggi.

Bersama dengan itu disiapkan audio system digital DVBT2-Digital Video Broadcast T2 dengan output 150.000 Watt. Seluruh jaringan audio maupun video sifatnya nirkabel, gambar dan suara disalurkan lewat wireless distribution system. Dengan cara ini video dan audio seluruh pertandingan World Cup 2018 dapat disiarkan secara langsung ke seluruh pelosok lapangan seluas 20 hektar, termasuk 200 pesawat TV dan 20 layar tancap di pelbagai sudut lapangan.

Semua sistem disiapkan untuk nonton bareng semenjak tahap perempat final tanggal 6, 7, 8 Juli 2018, yang menghadirkan 8 besar tim kesebelasan, maupun semi final tangal 14 dan final tanggal 15 Juli 2018.

Untuk membuat penonton tertarik, nonton bareng sudah dimulai sejak perempat final, sehingga penonton Nobar bisa menikmati 8 pertandingan. Di samping itu, tim produksi juga mempersiapkan acara hiburan mulai dari pertandingan perempat final, semi final dan final.

Kemeriahan di acara nobar Piala Dunia Transmedia.Kemeriahan di acara nobar Piala Dunia Transmedia. Foto: Ari Saputra

Karena penonton sudah hadir semenjak pukul 18:00, sedangkan pertandingan dimulai pukul 21:00, tim produksi mempersiapkan hiburan selama 3,5 jam sampai pertunjukan dimulai. Selama 8 hari, disiapkan program musik yang diisi oleh artis-artis papan atas seperti Rossa, D'Masiv, Via Vallen, Ari Lasso, Wali, Siti Badriah, Armada, Kotak, Ungu, Syahrini, Isyana Saravati, BCL, hingga puncaknya grup Slank pada 15 Juli 2018.

Slank menjadi agregator-daya tarik di final. Seperti biasa penampilannya menimbulkan kehebohan. Tercatat ada 30 cabang Slankers dari Solo, Lampung dan Cirebon yang hadir.

Nah, ada juga tanggal-tanggal dimana tidak ada pertandingan, misalnya tanggal 9 dan 10 Juli 2018. Pada tanggal tersebut, tim kreatif Transmedia mempersiapkan acara-acara kecil, berupa penampilan band lokal, video ulangan pertandingan babak penyisihan maupun beragam pertandingan antar penonton dan disiapkan hadiah dan bonus untuk penonton. Dengan cara ini, seluruh penonton dimanjakan mulai dari babak perempat final sampai semi final dan final.

Awalnya hanya 200.000 penonton yang hadir di babak penyisihan, tapi di acara puncak penonton membeludak. Lembaga Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan anugerah 2 rekor MURI. Pertama, jumlah penonton Nobar terbanyak di Indonesia. Pada saat pemberian anugerah 2 jam sebelum pertandingan final, jumlah penonton mencapai 550.000, namun ketika pertandingan akan dimulai, menurut catatan tim di pintu-pintu masuk terdaftar 1,2 juta penonton yang hadir. MURI juga memberikan anugerah kedua berupa layar lebar LED terbesar 340 m2 yang pernah digunakan di Indonesia.

So, berkat kerja keras teman-teman produksi dan kreatif di lapangan, acara berjalan lancar, khususnya pada acara final ketika seluruh penonton bersorak sorai menonton pertandingan Perancis vs Kroasia yang menurut saya merupakan pertandingan paling menarik sejak babak penyisihan fase grup.

Perancis dan Kroasia tidak pernah bertanding dengan satu sama lain sebelumnya, namun di acara final, lewat layar LED raksasa, penonton disuguhi nomor terbaik. Kedua tim seolah tidak berhenti mencoba untuk memenangkan pertandingan. Meski pada akhirnya Perancis yang jadi juara.

Bersyukur Nobar Rekor MURI ini berjalan lancar, tidak ada insiden, penonton masuk dan keluar dengan tertib, karena mereka tidak hanya disuguhi pertandingan sepak bola kelas dunia namun juga pertunjukan musik papan atas Indonesia. Paling tidak bagi kru yang telah bekerja keras di lapangan selama hampir dua bulan akan merasakan kelegaan telah menghibur lebih dari sejuta penonton di pertandingan final.

Penonton pulang membawa kenangan. Nonton bareng selama 8 hari yang nyaris tanpa cacat secara teknis dan Alhamdulillah di tengah cuaca yang terang benderang sepanjang pertandingan.

Jakarta, 17 Juli 2018
Ishadi SK
Transmedia


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed