Haji Lulung Naik Tingkat, Jadi Caleg DPR RI dari PAN

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Rabu, 18 Jul 2018 10:18 WIB
Haji Lulung (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Abraham 'Lulung' Lunggana resmi menjadi calon anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN). Lulung berpindah partai dari PPP menjelang Pileg 2019.

"Lulung (Dapil) DKI Jakarta III," ujar Ketua DPP PAN Yandri Susanto, Rabu (18/7/2018).

Lulung saat ini merupakan Wakil Ketua DPRD DKI. Dia sudah sempat menyatakan akan berpindah partai sejak beberapa waktu lalu.


Masalah internal PPP menjadi salah satu alasan Lulung berpindah partai. Salah satu hal yang mencolok adalah soal keputusan Lulung mendukung Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI 2017.

PPP pada putaran pertama mendukung Agus Harimuti Yudhoyono-Sylviana Murni. Namun, di putaran kedua, PPP memutuskan mendukung petahana Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Saya nggak ada tempat di PPP. Jadi gini, PPP itu kan dulu dukung Ahok, saya nggak dukung Ahok, makanya saya dipecat PPP. Nah sekarang harusnya kan sudah terjadi rekonsiliasi, kita kan korban mereka, korban elite yang kemudian sekarang SK saya tak diberikan kembali, yaitu SK Jakarta. Namun saya disuruh pindah ke DPP menjadi salah satu wakil ketua umum atau wakil ketua, terus kalau selesai gimana prosesnya, kan sulit," kata Lulung saat mendampingi Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno di Jakarta Timur, Senin (18/6).


Atas keputusannya berpindah ke PAN, Lulung sempat diminta mundur dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI. Sebab, Lulung memakai kendaraan PPP ketika masuk DPRD DKI pada Pileg 2014. Namun Lulung memilih bertahan.

Lulung mengaku secara administrasi masih terdaftar menjadi anggota PPP. Dia merasa masih berhak mendapatkan fasilitas menjadi pimpinan DPRD DKI.

"Sah saya masih gunakan itu. Saya kan masih jaga AD/ART. Tata tertib DPRD pun mengatur itu," tuturnya. (elz/tor)